Jebakan Nyamuk: Cara Praktis Tumpas Serangan Nyamuk

Caratekno.com - Rekan tekno semua apa kabar anda hari ini? semoga saat membaca artikel ini rekan se... thumbnail 1 summary
Caratekno.com - Rekan tekno semua apa kabar anda hari ini? semoga saat membaca artikel ini rekan semua sehat dan lancar usahanya, Aamiin. Karena sibuk dengan perjalan menuju pulang kampung ke jember, jawa timur maklum sudah 3 tahun lebih tidak pulang kampung silahrurahim ke orang tua, sebagai perantau tentu saja banyak suka dan dukanya tentu saja Anda yang merasakan hidup di perantauan alami nasib yang sama.

Karuan saja sibuk pulang kampung imbasnya blog caratekno tidak ada artikel segar yang disuguhkan ke pembaca tercinta.

Langsung saja yuk ke tema inti artikel ini saya buat.....!?

Kemarau tahun ini terasa panjang padahal hanya beberapa bulan musim keringnya tetapi serasa hujan lama turunya. Sumur-sumur di sekitar tetangga rumah sudah mulai kekeringan.

Meski serba kering tidak ada genangan air, entah kenapa nyamuk di rumah tinggal saya cileungsi bogor maupun di rumah orang tua saya di jember sangat banyak nyamuk berterbangan dimalam hari seperti kelaparan meski sudah pakai obat anti nyamuk bakar, karena asapnya yang menyesakkan pernapasan akhirsnya dalam pikiran terlintas untuk membuat jebakan anti nyamuk (mosqouito trap) sendiri.

Yaitu, pertama yang saya lakukan dengan mencoba membuat jebakan nyamuk dengan lampu ultraviolet ditambah kipas (fan CPU) sebagai penghisapnya dan yang kedua saya coba membuat jebakan nyamuk dengan sengatan listrik (nyamuknya mati seketika).

(foto penampakaan selengkapnya nanti saya update kalau sudah balik lagi)

sudah saya update penampkannya

Sistem kerjanya:

Jebakan 1
Sama seperti jebakan nyamuk pada umumnya dengan memanfaatkan lampu pemikat sinar ultraviolet kemudian setelah nyamuk tertarik dengan lampu kemudian kipas angin akan menarik hisap ke bawahnya. Setelah nyamuk terperangkap di bawah kipas penghisap akan mati kering kena terpaan angin. Agar lebih efektif sebaiknya jebakan ini di tempatkan di lokasi yang gelap biasa nyamuk sering bersarang siang/malam.

Jebakan 2
Untuk jebakan ke-2 yang saya buat ini tidak jauh berbeda dengan jebakan nyamuk umumnya yang dijual dipasaran hanya saja saya modifikasi agar lampunya menggunakan sinar ultraviolet panjang gelombangnya 532nM

Sinar violet yang memancar dikegelapan malam akan dilihat oleh nyamuk sebagai panas tubuh manusia, setelah tertarik dengan akan mengitari lampu yang sudah dilengkapi dengan penyengat listrik yang sanggup membunuh nymuk seketika itu juga. Tingkat keberhasilan lampu ini diengaruhi oleh sinar violet dan tempat banyakknya nyamuk baik siang/ malam hari.

Menurut pengalama saya nyamuk tidak langsung terlihat seketika itu juga, biasanya membutuhkan waktu yang tepat atau jam-jam yang paling banyak nyamuk berkeliaran diruangan tertutup.

Kabar bagusnya..

Tidak hanya nyamuk saja yang tersengat listrik ternyata jebakan nyamuk ini bisa menarik perhatian lalat dan serangga terbang kecil lainnya itu dapat saya ketahui setelah melihat serangga yang mati di jebakan sengatan listrik.

Alat dan bahan yang dibutuhkan utnuk membuat jebakan buatan sendiri ini sangat mudah sekali hanya dibutuhkan beberapa peralatan yang banyak ditemukan atau dibeli di toko sekitar tempat tinggal

Alat jebakan nyamuk 1 (Jebakan nyamuk hisap)
  • pop stick es krim
  • lem bakar batangan
  • glu gun
  • driver led hpl 1 watt input 220AC
  • Hpl 1watt sinar ultraviolet.
  • butuh sedikit skill elektronika untuk mensolder dan memasang hpl
Alat bahan jebakan 2 (Jebakan dengan sengatan)

  • Bekas nyamuk jebakan sengatan listrik (Rp 15rb- 30rb)
  • Driver led 1w
  • Hpl 1 violet
  • Sedikit pengetahuan elektronika

Langkah pembuatan jebakan ke-1 (jebakan hisap)
*Cara pembuatan cukup mudah, susun stik es krim sehingga membentuk seperti tabung yang nantinya akan dipasang kipas CPU dan sekaligus ukuran perangkap.
*Pada bagian kisi-kisi bawah dipasang kain kasa nyamuk untuk menahan nyamuk yang sudah terperangkap agar tidak keluar.
*Pasang bagian atas dengan kipas ukuran diameter 8cm dan kemudian di atas 3-5cm diatasnya kita pasang lampu ultraviolet untuk pemancingnya.
*Dibutuhkan driver led input ac yang besar untuk menyalakan kipas angin dan led hpl ultraviolet.

Cara pembuatan jebakan nyamuk ke-2
*Lepas casing perangkap nyamuk yang lama
*Lepaskan led strawhat warna biru sebanyak 4 biji
*Kemudian ganti dengan lampu led HPL ultraviolet,
*Bagian komponen penyengat listrik jangan dikeluarkan, nantinya bagian ini tetap digunakan
*Tambahkan led driver hpl untuk menyalakan lampu violet.

Semoga tips sederhana ini bermanfaat, meski gambar tidak lengkap saya harap rekan tekno bisa memahami apa yang saya maksud dari langkah-langkah di atas yang mungkin membingungkan. Jika rekan semua tidak mau repot ya silahkan saya sarankan beli saja perangkap nyamuk atau raket nyamuk buatan pabrik. Buatan sendiri dan beli jadi rasa bangganya beda banget. Intinya artikel ini Hindari penyakit demam berdarah dari sekarang juga. Siap-siap memumpung musim hujan belum turun dan belum banyak genangan air

Jebakan nyamuk sebenarnya lebih efektif dan lebih sehat untuk jangka panjang ketimbang menggunakan cairan semprot anti nyamuk atau obat anti nyamuk bakar mengandung racun yang mungkin berbahaya bagi tubuh.

Jadi kalau bisa membuat jebakan anti nyamuk sendiri kenapa ngga buat sendiri saja selain lebih hemat tentu saja kalau rusak rekan tekno bisa membuatnya berapapun juga banyaknya. Selamat berkreasi.

1 comment

  1. Hpl ultraviolet apa itu gan?dan harganya berapa?

    ReplyDelete

Silahkan komentar yang baik ya...!