Cara Mengetahui Ukuran dan Memotong Kartu SIM

Apa pengertian Nano SIM? Bagaimana cara mengetahui perbedaan dari Micro SIM atau SIM? Yang model iPa... thumbnail 1 summary
Apa pengertian Nano SIM? Bagaimana cara mengetahui perbedaan dari Micro SIM atau SIM? Yang model iPad menggunakan kartu Nano SIM? Bagaimana cara memotong kartu Mini atau Micro SIM untuk ukuran Nano SIM? Begitu banyak pertanyaan bagi pemula yang kesulitan menentukan ukuran SIM yang cocok untuk smartphone.
Gambar: gizmag.com dengan editan
Nano SIM mengacu pada SIM (Subscriber Identity Module) standar yang digunakan oleh model iPad, beberapa modelnya antara lain:

  • iPad Air (Wi-Fi / Seluler)
  • iPad Air (Wi-Fi / TD-LTE - China)
  • iPad 2 Air (Wi-Fi / Seluler)
  • iPad Mini (Wi-Fi / AT & T / GPS)
  • iPad Mini (Wi-Fi / Verizon & Sprint / GPS)
  • iPad Mini 2 (Retina / 2nd Gen - Wi-Fi / Seluler)
  • iPad Mini 2 (Retina / 2nd Gen - Wi-Fi / TD-LTE - China)
  • Mini iPad 3 (Wi-Fi / Seluler)
  • Mini iPad 3 (Wi-Fi / Seluler, Cina)

Semua iPhone 5, iPhone 5c, iPhone 5s, iPhone 6, dan ditambah model iPhone 6 menggunakan Nano SIM. Nano SIM adalah versi keempat (4FF) dari standar SIM dan ukurannya hanya 12,3 mm x 8,8 mm x 0,67 mm, tapi kapasitas data masih yang sama seperti kartu SIM sebelumnya.

Nano SIM adalah lebih kecil dan sekitar 15% lebih tipis dari sebelumnya Micro SIM (3FF) standar serta Mini SIM (2 dst) kartu yang digunakan bertahun-tahun lamanya dan pengguna biasa menyebutnya hanya sebagai SIM. Secara teknis, kartu asli SIM (1FF) standar kartu adalah ukuran yang sama seperti kartu kredit dan sebagian besar orang mungkin tidak pernah melihatnya sekarang.

Diagram ini membandingkan ukuran relatif setiap standar SIM:
Photo Credit: Wikipedia (Justin Ormont)
Seperti yang Anda lihat, Nano SIM (4FF) lebih kecil ukurannya dari SIM sangat efektif untuk bidang kontak emas dan memiliki penampang fisik yang lebih kecil sehingga tidak menimbulkan hubung singkat dengan perangkat lainnya.




Pemangkasan Mini atau Micro SIM ke Nano SIM
Sebuah kartu Mini atau Micro SIM dapat dipotong ke ukuran Nano SIM untuk digunakan dalam slot iPad dan iPhone.

Hal ini sangat mungkin untuk memotong SIM Mini atau Micro SIM ke ukuran Nano SIM dengan sepasang gunting tajam (micro nano SIM cutter) atau silet yang ada cetakan/ template yang dirancang untuk individu yang tertarik dalam melakukannya sendiri. Namun, jarak yang sangat ketat di sekitar area kontak nano SIM, tidak heran begitu banyak yang salah memotongnya jika dilakukan pemotongan dengan tangan tidak menggunakan cutter SIM.

Baca juga : Sepsifikasi Polytron ponsel pintar spek tinggi harga murah menggunakan micro SIM

Secara teori, memotong SIM juga harus "diampelas bawah" untuk mengurangi ketebalannya, tetapi banyak Mini atau Micro SIM card cukup tipis sudah cocok seperti ukuran standar bawaan Nano SIM standar tanpa perlu menipiskan SIM.

Daripada bingung bagaiman cara memotong yang benar dan merusak kartu SIM ponsel anda dengan memotongnya menggunakan cutter biasa sebaiknya dilakukan pemotongan dengan nano/ micro SIM cutter kecuali anda sudah mahir dan tahu bagaimana cara memotong tanpa cutter.

Kenapa harus menggunakan cutter SIM?
SIM card cutter
Sebuah cutter Nano Micro SIM memudahkan - menempatkan kartu dengan benar dan tekan pegangan. Ini secara efektif proses yang sama seperti menggunakan embosser genggam dan bahkan jika Anda mempertimbangkan waktu Anda untuk menjadi penting, harganya di pasaran aksesoris ponsel kisaran Rp 15 ribu - Rp 35 ribu, harga yang murah ketimbang anda merusak kartu SIM kesayangan.

No comments

Post a Comment

Silahkan komentar yang baik ya...!