Cara Mengeluarkan CD/DVD Drive yang Macet

Terkadang kita sangat membutuhkan CD atau DVD untuk mengambil data atau software, tetapi lebih kesal... thumbnail 1 summary
Terkadang kita sangat membutuhkan CD atau DVD untuk mengambil data atau software, tetapi lebih kesal lagi jika CD/DVD drive macet. Ketika drive macet dan butuh menyimpan atau mengambil data di dalamnya tidak perlu panik atau memukul-mukul perangkat tadi, padahal anda sudah menekan tombol eject berulang-ulang.

gambar: pcworld.com

Langkah 1:
Bisa saja masalah dari tombol usang, kotor atau rusak, cobalah dengan menggunakan Windows explorer untuk eject drive. Caranya sangat mudah Windows 7 > Windows Explorer > ke Computer ( Win 8 atau 10) This PC, > klik kanan dan pilih EJECT.

Langkah 2:
Jika tidak mau keluar juga bisa saja program yang di dalam cakram sedang tertahan diproses oleh sistem. Coba tutup semua aplikasi yang menjadi penyebabnya. Jika tidak bisa juga TUTUP semua aplikasi yang berjalan atau LOG OFF.

Langkah 3:
Langkah jitu jika masih gagal juga mengeluarkan pintu optik driver reboot komputer sekarang. Kemudian segera tekan tombol eject di perangkat sebelum PC masuk ke sistem operasi.

Langkah 4:
Jika masih tidak mau bekerja semua langkah di atas berarti saya asumsikan itu masalahnya bukan di Windowsnya, tetapi perangkat itu yang bermasalah.


Langkah 5 (paling sakti):
Matika PC sekarang juga dan jangan nyalakan, ambil potongan besi paperclip luruskan kira-kira 6-10cm liat lubang kecil di depan drive panel. Bukan lubang besar untuk jack 3,5mm tetepi seukuran jarum kecil. Masukkan besi paperclip dan tekan perlahan hingga pintu drive terbuka sedikit lalu tarik keluar. Jangan menariknya secara paksa takutnya malah jebol perangkatnya. Setelah berhasil mengeluarkannya silahkan ambil atau taruh CD/DVD-nya, dorong perlahan hingga masuk, kemudian nyalakan PC-nya.

No comments

Post a Comment

Silahkan komentar yang baik ya...!