Merakit 55 LED Listrik 220VAC Tanpa Trafo

Rangkaian lampu led AC 220V tanpa transformator tetap menjadi idola saya untuk menulis dan mengumpu... thumbnail 1 summary
Rangkaian lampu led AC 220V tanpa transformator tetap menjadi idola saya untuk menulis dan mengumpulkan materi tentang lampu led jala-jala listrik. Sebagai pengganti utama transformator di sini adalah sebuah kapasitor setengah polar 1uF bertegangan tinggi. Jala-jala listrik bertegangan tinggi ini langsung terhubung dengan kumpulan LED secara seri seperti nampak pada gambar bagian artikel di bawah. Sebelum persiapan merangkai sebaiknya perhatikan skema rangkaian tersebut agar tidak bingung pemasangan polaritas LED  (-) dan (+).


Kumpulan LED yang banyak ini tidak jelek digunakan sebagai lampu penerangan digunakan saat bekerja beraktifitas di malam hari seperti tempat wastafel, kamar mandi, kamar kecil lampu di letakkan di langit-langit lorong.  Intesitas cahayanya kurang lebih 2000mcd untuk 55 biji LED putih terang tanpa transformator seperti nampak pada gambar skema.



PERHATIAN Rangkaian lampu led tanpa transformator ini terhubung dengan kapistor yang bekerja pada tegangan tinggi amati polaritas (+ -) nya. Jika sampai terbalik polariasnya sangat berbahaya kapasitor dapat meledak, disarankan menggunakan sarung tangan anti listrik statis. TIDAK DISARANKAN UNTUK PEMULA!

2 comments

  1. kapasitor yg ana ada polaritasnya gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. nonpolar yang ke AC, bipolar yang di DC

      Delete

Silahkan komentar yang baik ya...!