Cara Membuat Generator Kincir Angin untuk Pertunjukkan

Kincir angin secara kelompok perputaran rotasinya terbagi dua jenis. Yaitu kincir rotasi putaran ho... thumbnail 1 summary
Kincir angin secara kelompok perputaran rotasinya terbagi dua jenis. Yaitu kincir rotasi putaran horisontal (HAWT - Horizontal Axis Wind Turbine ) dan rotasi putaran tegak lurus ke atas (VAWT - Horizontal Axis Wind Turbine). Masing-masing jenis kincir angin di atas memiliki banyak variasi bilah baling-baling, insya Allah kapan-kapan saya posting artikel berbagai model baling-baling kincir tenaga angin ini.  Jenis kincir dikelompokkan sesuai bilah rotornya, nama macam-macam VAWT antara lain:
  • Darrieus model, 
  • Giromill, 
  • Helical Blade VAWT, 
  • Cyclo turbine dan 
  • Savonius

Model Savonius dan Darrieus adalah dua model yang berbeda dari modelnya. Silahkan anda perhatikan gambar keduanya di bawah ini:

Model Rotor Darrieus VAWT

Model Rotor Savonius VAWT

Salah satu perbedaan model Darrieus dan Savonius lebih mudah digerakkan dan sederhana ketimbang model HAWT yang sama-sama digunakan sebagai generator. Jenis Savonius memilki daya putaran yang sangat rendah namun gaya dorong yang spontan akibat lengkungan bilahnya yang unik berfungsi menangkap angin. Sebab itulah kincir angin dengan model baling-baling Savonius tidak dapat berputar kencang bila kurang angin dan tidak baik diterapkan pada area yang tidak ada angin. Aplikasi Savonius banyak digunakan pada generator skala kecil seperti menyalakan pompa, dan selainnya.

Sedangkan model HAWT banyak diterapkan pada pembangkit listrik tenaga angin skala besar sedangkan model VAWT hanya digunakan untuk pembangkit listrik rumahan. Keuntungan kincir angin horisontal (HAWT) dengan desain baling-baling yang aerodinamis sangat baik mengangkat rotor baling-baling berputar kencang baik tiupan angin rendah atau kencang. Rotasi inilah yang menghubungkan gear penggerak dengan generator penghasil listrik.

Bagian komponen sebuah kincir angin adalah rotor, gearbox dan generator sebagai pembangkit listrik dari kinetik ke listrik. Sekarang bagaimana caranya membuat sebuah turbin angin untuk peragaan? Dibawah ini akan saya tunjukkan cara membuatnya dengan mudah.


  1. Bilah baling-baling dapat anda buat dari pipa PVC ukuran besar atau bambu besar, ambillah pipa PVC ukuran panjang  inchi dengan diamter 8 inchi. Potong hingga menjadi 4 bagian sama panjang. Ambil 2 potongan tadi kemudian tandai 30 mm jaraknya dari pinggiran secara diagonal sama panjang di titik tengah ke arah beralawan. Gambar lurus point yang menghubungkan dan potong tepat di garis tersebut, nah sekarang anda memiliki 4 bagian bilah berbentuk segitiga 3 dari darinya nanti dimanfaatkan sebagai bilah baling-baling.
  2. Kemudian bor 2 lubang pada setiap bilah tadi di pinggirannya kurang lebih ukuran 3/8 inchi jarak masing-masingnya ( lubang satu 1/2" dari pinggir, lubang dua jarak  1 1/4" dari pinggir)
  3. Sebagai motor generatornya anda memerlukan motor 260VDC 5A yang sudah lengkap dengan gearbox
  4. Tiang baling-balingnya bisa anda gunakan sisa pipa besar tadi , kabel-kabel dirakit dengan lampu pijar atau lampu led sebagai ilsutrasinya 
  5. Kini pembangkit model HAWT anda telah siap digunakan


Sumber referensi: http://sciencefairlady.hubpages.com/hub/How-to-Build-a-Wind-Turbine-for-Your-Science-Fair dengan sedikit tambahan informasi

1 comment

Silahkan komentar yang baik ya...!