Membuat Power Bank Canggih Tanpa Baterai

Apa kabar rekan tronika... Pernahkah anda terpikir hidup tanpa listrik selama berhari-hari?! Sedang ... thumbnail 1 summary
Apa kabar rekan tronika... Pernahkah anda terpikir hidup tanpa listrik selama berhari-hari?! Sedang kebutuhan akan gadget tidak terbendung lagi. Saya pastikan Anda bingung mencari colokan listrik buat isi ulang ponsel atau smartphone anda hee heee pasti galau tingkat dewa rasanya.

membuat power bank

Mungkin anda berpikir selama ini menge"cas" ponsel mesti harus ke colokan/ steker/ jack/ stop kontak listrik bukan? Sebenarnya banyak cara agar ponsel tetap selalu prima tanpa listrik. Nah. dalam artikel kali ini akan saya kupas men-charger ponsel dengan putaran tangan. Nggak percaya?! yuk simak cara pembuatannya.

Cara darurat semacam ini sangat cocok sekali buat tempat tinggal yang sering padam listriknya atau bagi rekan tronika yang sering berpetualang ke gunung, pelosok-pelosok, atau di gua sekalipun. Yang pasti sangat cocok untuk segala kondisi kecuali rekan tronika sedang berenang.


OK, langsung saja

Ada dua opsi komponen inti yang bisa anda gunakan

Opsi 1: Menggunakan IC stalizer LM 7805
Tegangan output motor DC 12Volt dengan menggunakan LM 7805 tegangan dapat dibatasi sebelum masuk ke ponsel Anda. Menggunakan opsi pertama ini pernah saya kupas tuntas dan panjang lebar di artikel saya tentang cara membuat power bank sendiri lengkap dengan kumpulan rangkaian power banknya silahkan dibaca langsung.

Untuk membuatnya sendiri langsung simak saja artikel tersebut bila ada pertanyaan seputar pembuatannya bisa tangyakan di kolom komentar ya.

Inti rangkaian ini memanfaatkan tegangan lebih tinggi bagian input dari pada tengann outpunya. Untuk mengetahui berapa besar daya yang dikeluarkan anda bisa menggunakan rumus sederhana seperti di bawah ini
Power = (Tegangan input - Tegangan output) x Arus yang tersedia pada power supply/ baterai
Opsi 2: Menggunakan Modul Step down XL4005 atau LM2596
Modul step down (penurun tegangan)  ini sangat disarankan untuk penggunaan proyek kali ini. Selain tegangan output lebih stabil dengan potensiometer sensitif, arus keluar juga lebih terkontrol sehingga lonjakan arus tiba-tiba. LM2596 mampu menurunkan tegangan secara konstan input 3-35V. Selain itu harga produk ini juga tidak terlalu mahal tetapi dengan manfaat yang banyak, selain itu pula Anda bisa mengaplikasn module ini untuk segala kebutuhan catu daya berapapun tegangannya. Untuk mendapatkan modul ini bisa anda dapatkan dengan harga Rp 35.000 di halaman produk bermanfaat ini.

rangkaian power bank

Alat dan bahan yang dibutuhkan

  • 12V DC Geared Motor putaran renda dengan rotasi 100rpm
  • LM2596 (atau persamaan XL4005) IC based Power Supply module
  • 1N4007 Diode
  • Female USB connector
  • Roda
  • Kabel secukupnya
  • Obeng
  • Multimeter
  • Solderan
  • Gunting
  • Scissors


Semoga tips sederhana ini sangat berarti dan membantu meringankan beban anda di pedesaan yang sering padam lampu.

5 comments

  1. gan, kalau buat output arusnya sendiri bagaimana? itu tenaga putar hanya untuk starter saja atau selama penggunaan harus diputar juga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. namanya tenaga putar, jadi selm charger harus diputar.... heee sukses

      Delete
  2. Idenya keren. Jadi kita bisa memanfaatkan putaran (rotasi) menjadi arus listrik. Sederhananya, teknologi ini bisa di implementasikan pada sepeda motor guna isi ulang baterai HP. Selain bisa 'cari angin', juga bisa hemat listrik di rumah hehe

    Makasih banyak min ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya.. ya bener juga bisa jadi energi alternatif.. tks komentarnya

      Delete
  3. kalau pake generator berarti tegangan input nya naik-turun, apakah aman ?

    ReplyDelete

Silahkan komentar yang baik ya...!