12 Perkakas Penting Yang Wajib Miliki oleh Teknisi

Apa kabar rekan tronika pagi ini (saat menulis artikel) saya sebenarnya sedang males menulis update ... thumbnail 1 summary
Apa kabar rekan tronika pagi ini (saat menulis artikel) saya sebenarnya sedang males menulis update blog tercinta untuk rekan tronika semua karena bingung mau posting artikel apalagi. Tapi setelah saya browsing sana-sini saya melihat kumpulan perkakas yang dimata saya sungguh menyenangkan memiliki koleksi pertukangan yang sangat lengkap. Alhamdulillah saya memiliki perkakas yang komplit meski tidak sekomplit di bengkel profesional.

multi meter digital analog
Mulitmeter digital - analog

Seorang teknisi atau para hobbiest sebenarnya dituntut untuk memiliki peralatan lengkap agar penunjang perbaikan semakin bagus ibaratnya seorang prajurit tidak akan mungkin maju perang jika senjatanya saja nggak punya kecuali nekad.

Peralatan sebenarnya tidak meski lengkap cukup diperlukan beberapa peralatan standar yang sering dipakai saja (obeng plus dan minus, tang jepit buata, tang potong, solder lengkap dengan timahnya, multimeter, saya rasa itu saja sudah cukup), selebihnya hanya tambahan sesuai kebutuhan anda.


pisau cutter

bor mini
bor mini 1-3mm

tang potong - tang buaya - tang potong/kupas

obeng plus - obeng minus

pinset

solderan besi - timah - penyedot timah

Fungsi-fungsi alat pertukangan dan cara menggunakannya

  1. Tang multi, penjepit kuat atau bisa juga sebagai pegangan bantuan
  2. Obeng plus, pemutar/ pengencang skrup dengan ujungnya berbentuk positif 
  3. Obeng minus, denga unjung negatif memudahkan skrup yang bertanda minus
  4. Multimeter Analog & digital, alat ukur bantu untuk mengetahui nilai resistansi, sambungan, tegangan, arus, dan lainnya
  5. Tang jepit, alat penjepit pada bidang yang lebih kecil atau mengambil/ memegan benda kecil
  6. Tang potong, alat pemotong kabel, kaki-kaki komponen, jenis tang potong macam-macam tergantung pemakaian ada yang pemotong tajam atau tumpul
  7. Tang kupas, bentuknya hampir sama dengan tang cuma bedanya tajam seperti gunting
  8. Solder & timah, alat macam ini tidak bisa ditinggalkan bagi teknisi elektronik sangat erat seperti halnya dokter pasti butuh stetoskop atau suntikan. Nah untuk cara menyolder dibutuhkan keahlian khusus agar hasil solder bagus dan tidak merusak komponen akibat panas berlebih silahkan baca artikel cara menyolder yang baik.
  9. Bor mini, Alat ini memudahkan saat pembuatan PCB setelah jalur rangkaian sukses tercetak di lembaran tembaga maka peran bor mini sangat penting untuk melubangi papan rangkaian meletakkan kaki-kaki komponen di atasnya.
  10. Pinset, penjepit peralatan kecil yang sulit dijangkau tangan.
  11. Adaptor atau power supply, catu daya universal sangat dibutuhkan ketika menguji coba rangkaian, adaptor yang bagus memiliki arus konstan dan tegangan yang dapat atur sesuai keinginan (3V- 12Volt)
  12. Tambahan, ampelas, kikir, gergaji mini, gerinda mini, osciloscope, gunting, sandaran solderan, kuas, sikat, tinner/ cairan pembersih, lampu penerangan, meja kerja, dan sebagainya.
Semoga informasi ringan di atas dapat membantu anda yang ingin menekuni hobi menggiurkan ini. Juju saja awalnya saya menyukai bidang teknik elektronika hanya karena terpaksa dan dipaksa oleh orang tua yang kebetulan memang orang teknik. Lambat laun saya sangat antusias dan sangat penasaran menyelami ilmu yang satu ini. So, buat rekan yang sekarang masih sekolah di kejuruan teknik tetap semangat ya!

No comments

Post a Comment

Silahkan komentar yang baik ya...!