Tips Pilih Power Bank yang Bagus Sebelum Membelinya

Anda terlalu sering menggunakan Tablet atau smartphone… tiba-tiba battery low bat dan anda bingung ... thumbnail 1 summary

Anda terlalu sering menggunakan Tablet atau smartphone… tiba-tiba battery low bat dan anda bingung cari tempat untuk charger gadget anda. Tentu saja solusisnya adalah menggunakan power bank sebagai pilihan utama tatkala darurat. Power bank yang bagus sekarang banyak dijumpai dengan harga sesuai kantong dan tentu saja jaminan purna jual.


diy-mobile-5v-power-bank-shell-3x-18650-kosongan-tanpa-battery

Fungsi power bank diciptakan untuk membantu mobilitas anda tanpa kendala bingung mencari isi ulang battery yang mudah masuk kantong dan ringan di bawa kemana-mana. Mungkin lima atau sepuluh tahun lalu kebutuhan power bank dirasa belum dibutuhkan, harga yang mahal, dan produsen yang sedikit pula, tetapi kini prabikan bak jamur membuat power bank dengan harga kompetitif, tapi ingan jangan asal pilih yang murah saja.

Penggunaan powerbank sesering mungkin sebaiknya di hindari agar usia baterai gadget lebih lama. Anda cukup memakai PB dikala darurat saja saat melakukan traveling atau di luar ruang yang jauh dari listrik. Pastikan dahulu sebelum membawanya, kondisi battery powerbank dalam kondisi telah FULL dan siap digunakan kapan saja dan dimanpun juga.

Berikut Tips Memilih Power Bank yang Bagus sebelum membelinya

 

Kapasitas

  • Pertimbangan pembeli sebelum power bank biasanya besarnya kapasitas yang satuan tertulis milli Ampere Hour (mAH). Anda bisa perkirakan berapa kali penggunaan isi ulang handphone/ tablet. Jadi, misalkan ponsel dengan kapasitas battery 1500mAH, kapasitas powerbank 1500mAH maka hanya bisa sekali pengisian.
  • 1500mAH battery: 1x charger ponsel
  • 5200mAH battery: 2x charger ponsel
  • 10000mAH battery: 4x charger ponsel
  • Perhatikan pula spesifik tegangan (Volt) dan Ampere (Arus) output USB, biasanya tertulis 5V/ 1A
  • Sekali lagi pastikan tegangan output cocok dengan tegangan charger handphone, jika terlalu kecil atau terlalu besar tentu akan membuat masalah baru.
  • Panas berlebihan (lebih 45 Celcius) saat isi ulang berarti power bank terebut tidak baik digunakan atau tidak cocok dengan perangkat anda.

 

USB Charging

Semua Power bank siap pakai dengan port isi ulang dan charger USB, beberapa model lama tidak memiliki fitur ini, kabel charger sebagai pelengkap dengan berbagai konektor. Banyak kasus terjadi tidak bisa charger ponsel gara-gara kabel konektor tertinggal di rumah atau konektor tidak sesuai. Selalu bawalah konekor kabel yang biasa digunakan melekat dengan powerbank.

Tips: Power bank yang bagus selalu menyertakan konektor universal plug and play (mini USB, micro USB, Nokia, Ipad, Samsung, dll)

Harga dan Kualitas

Biasanya kualitas powerbank yang bagus dengan komponen terbaik dibandrol dengan harga mahal tapi masih banyak kok power bank yang baik dijual dengan harga terjangkau.

Tips: Pastikan anda tidak membeli powerbank terkesan baru hasil refurbhised battery atau hasil bekas pakai atau servis.

Praktis

Alasan utama anda membeli power bank tentu saja mempermudah perjalanan saat memakai smartphone. Pilihan harga murah saja tidak bisa jadi patokan, saya khawatir jika terlalu murah tidak akan berfungsi maksimal sesuai harapan anda. Contoh kasus saat saya sering menggunakan Google Maps di Android saya, seringnya kehabisan battery saya coba charger di colokkan soket rokok mobil sungguh merepotkan dan tidak praktis, akhirnya kehabisan baterai karena terlalu repot menggunakannya.

Olixar_enCharge_Power_Bank

Tips: Pilihlah power bank yang murah kualitas bagus, kapasitas besar, praktis, dan konektor lengkap meskipun sedikit lebih mahal.

Rekomendasi power bank terbaik untuk anda

Setelah saya cermati dari analisa sendiri ada beberapa powerbank murah yang kualitasnya tidak kalah, terdapat beberapa merek seperti Vivan, Hippo, Viora, Samsung, dan merek lainnya silahkan anda perhatikan spesifikasinya, jika masih ada pertanyaan bisa langsung tanyakan ke saya.

Untuk anda yang ingin ber-ekperiment dengan membuat powerbank sendiri mungkin di rumah banyak baterai 18650 bekas laptop saya juga sediakan DIY Power booster Powerbank Step Up 3V to 5V USB sini tempatnya atau bisa langsung cek di penjualnya di sini

2 comments

Silahkan komentar yang baik ya...!