Cara Membuat LED Knight Rider (KITT) Classic

Seperti janji saya kemarin membagikan rangkaian LED Knight Rider dengan efek maju mundur yang sangat... thumbnail 1 summary
Seperti janji saya kemarin membagikan rangkaian LED Knight Rider dengan efek maju mundur yang sangat “nyentrik, silahkan lihat videonya disini. Lampu berjalan ke kanan – ke kiri yang dikenal dengan istilah lampu LED Knight Rider banyak dipasang di mobil sebagai aksesoris saat lampu malam. Kali ini anda bisa membuatnya sendiri lampu Knight Rider yang sangat mudah dan menyenangkan dengan biaya murah dan mudah.

normal13
10 biji LED yang digunakan pada rangkaian ini dirasa cukup dengan gerakan lampu bergerak maju-mundur secara otomatis. Inti rangkaian ini terdiri dari dua modul, oscillator gelombang triangle dan LED bargraph.
Jika melihat gambar skema rangkaian di bawah ini frekuensi kecepeatan maju-mundur dapat diatur pada VR3. Tegangan circuit ini memang didesain untuk tegangan kendaraan +12V.

normal
Pada titik A dan B dapat di sambungkan bila led yang digunakan jenis bargraphic silahkan liat videonya di artikel sebelumnya disini.

Layout PCB
Pada gambar layout dibawah ini hanya menampilkan pembesaran gambar 25%, pada gambar PCB dibawah anda harus melihat dalam posisi sejajar dengan layout komponen, jika anda ingin mencetaknya sebaiknya posisi cetaknya harus terbalik agar letak komponennya tepat.

normal_single_leds

small_single_leds_x4

Proses pembuatan PCB (printed circuit board) silahkan baca lagi artikel tentang cara membuat PCB sendiri di rumah lanjutannya part2 tutorial menggambar layout PCB. Semoga bermanfaat!

1 comment

Silahkan komentar yang baik ya...!