Manfaat Lampu Tenaga Surya Sebagai Energi Alternatif

Isu pemansan global pemanfaatan S olar Panel atau Lampu tenaga surya dirasa sangat penting sebagai ... thumbnail 1 summary
Isu pemansan global pemanfaatan Solar Panel atau Lampu tenaga surya dirasa sangat penting sebagai energi alternatif yang tidak bisa dianggap remeh sebagai penerangan utama. Kebutuhan energi semakin lama semakin meningkat diperburuk lagi cadangan sumber daya bumi semakin menipis. Cadangan bahan bakar minyak hampir terkuras habis, karena sebagian besar menggunakan  minyak bumi sebagai penggerak perindustrian global, kendaraan-kendaaran, pembangkit tenaga listrik dan sektor lainnya yang tidak lepas dari ketergantungan minyak bumi.
solar-cell
Tenaga surya memang tidak sebesar tenaga dengan bahan bakar minyak sebab pemanfaatannya masih belum secanggih tenaga minyak. Tenaga ini relatif murah, hemat energi dan mudah dipasang.
Prinsip kerjanya sangat sederhana terdiri lampu panel lampu LED, panel surya fotovoltaik, dan baterai. Saat siang hari pans terik akan meng-charger battery menyimpan energi listrik untuk digunakan pada malam harinya. Batas waktu menyala berkisar 8-10 jam tergantung berapa besar kapasitas baterai dan serapan energi matahari. Biasanya, lampu yang digunakan untuk lampu surya ini dari bahan LED atau CFL, tidak menggunakan lampu bohlam yang boros energi.

Penerapan lampu tenaga surya bisa di dalam ruangan maupun luar ruangan, seperti:

  • Lampu taman
  • Lampu teras
  • Lampu jalan
  • Lampu garasi
  • Lampu stadion
  • Lampu merah
  • Lampu rumah
220px-SolarLampLuneta
220px-Solarlight
BONUS:
Lampu Tenaga Surya
Artikel ini akan memudahkan anda memahami teknologi lampu tenaga surya yang murah dan mudah dibuat sendiri, Namun, saat ini harga panel surya mash tergolong mahal, saya yakin kedepannya teknologi ini akan dijual secara murah untuk mengatasi dampak pemanasan global.

No comments

Post a Comment

Silahkan komentar yang baik ya...!