Cara Memperbaiki Kipas Angin Sendiri (part 1)

Meski akhir bulan Desember ini musim hujan tidak ada salahnya saya menulis tentang cara memperbaiki ... thumbnail 1 summary
Meski akhir bulan Desember ini musim hujan tidak ada salahnya saya menulis tentang cara memperbaiki kipas angin di rumah untuk persiapan musim panas (baca kemarau) nanti. Saat ini hampir semua rumah memiliki peralatan tambahan yang sangat penting salah satunya kipas angin di tempatkan pada dinding, langit-langit atau di atas meja.
cara-memperbaiki-kipas-angin
Selain sebagai dekorasi rumah yang menawan seperti artikel sebelumnya tentang koleksi gambar kipas angin cantik dan unik juga bermanfaat sebagai penyejuk ruangan tatkala ruangan panas. Karena seringnya digunakan, kipas angin menjadi rusak. Sebelum terjadi kerusakan yang cukup parah sebenarnya anda bisa merawat kipas angin agar berumur panjang.
Untuk maintenance anda tidak perlu memanggil tukang service profeional datang ke rumah, anda bisa melakukannya sendiri cukup ikuti saja beberapa tips sederhana yang akan saya uraikan.

Ikuti cara memperbaiki kipas angin ini dengan benar:

  • Bersihkan kotoran dan debu dari bagian bagian penting kipas angin (bilah ki[as, motor, casing, bingkai pengaman). Kipas angin lama biasanya rentan kotoran dan debu. Gunakan sikat khusus yang bisa menjangkau semua permukaan bila memungkinkan segera cuci komponennya agar nampak terlihat berkilau.
  • Kencangkan mur-baut pada kipas angin agar tidak terlepas dan merusak dengan menggunakan obeng plus atau minus sesuai ukuran. Banyak kasus kipas angin terlepas cuma gara-gara skrupnya kurang kuat.
  • Lumuri pada bagian rotary atau mekanik yang bergerak dengan sedikit pelumas khusus (bisa juga menggunakan oli kendaaran, disarankan yang baru jangan bekas pakai). Pada beberapa kasus karena keringnya mekanik cepat merusak motor dan bergetar kuat. Pelumasan pada mekanik motor dan bilah kipas akan menambah putaran kipas angin semakin kencang.
cara-memperbaiki-kipas-angin-pelumas
  • Jangan lupa anda lihat buku pentujuk manual kipas angin yang anda miliki, sebagai kehati-hatian saat pengerjaan.
Berhati-hatilah saat perawatan kipas angin, pastikan sambungan langsung ke listrik sudah terputus. Bila terlihat motor kipas hangus terbakar segera bawa ke tukang reparasi elektronik di tempat anda. Pada bagian ke dua insya Allah saya akan tulis tentang cara mengganti motor kipas yang mati total. Tunggu saja kelanjutannya. Jika anda suka artikel ini silahkan tekan tombol like di atas kanan dan bagikan ke teman anda tombolnya sebelah kiri ya..?! Sukses.

No comments

Post a Comment

Silahkan komentar yang baik ya...!