Cara Memilih Power Bank Yang Bagus

Pengetahuan seputar teknologi terbaru memang sangat menarik dan tidak ada habisnya untuk dikupas tun... thumbnail 1 summary
Pengetahuan seputar teknologi terbaru memang sangat menarik dan tidak ada habisnya untuk dikupas tuntas. Memilih power bank yang bagus juga menjadi sorotan yang lagi ngetrend sebelum benar-benar membelinya. Karena harga yang masih dibilang mahal, buatan power bank sendiri masih jadi pilihan menarik. Terbukti Threat sederhana tentang cara membuat rangkaian power bank menjadi Thread of the Month Juni di Forum terbesar KASKUS. Silahkan baca trit Kaskus saya: Beli Powerbank Mahal?! Yuk, Bikin Sendiri Charger Portable.

memilih-power-bank-yang-bagus

Jika rekan Tronika tetap ingin membeli powerbank, saya sarankan jangan asal beli karena fanatik merek dan harga yang mahal, atau sebaliknya. Ikuti beberapa tips ini untuk membeli power bank yang bagus.
Battery/Baterai
terdapat dua jenis baterai yang beredar di pasaran yakni jenis Lithium Ion dan Lithium Polymer. Lithium Polymer adalah jenis baterai pengembangan baru terbuat dari casing plastik alumunium, berat yang ringan, lebih aman, dan perfomasi yang baik. Lithium ion (18650 Lithium Battery) jenis battery ini sering untuk senter police dengan tegangan 3.7 volt dan 3800mA – 4200mA, kode 18650 artinya panjangnya adalah 65mm dan diameternya 18mm dengan bentuk umum silinder batery lama dengan harga murah.

Kapasitas
Kapasitas baterai pada produk tertulis mili Ampere Hour (mAH) ini bukan indikasi kapasitas sebenarnya yang digunakan, sebab kapasitas yang tertera adalah nilai konversi dari faktor arus dan tegangan. Kita asumsikan daya yang terbuang antara 20-30% dari nilai mAH tersebut. Jadi misal kapasitas power bank 5600mAH maka kapasitas sesungguhanya kisara 4400mAH.

Battery Smartphone Anda
Perlu anda ketahui besaran kapasitas baterai smartphone sebelum membeli powerbank yang sesuai. Sebagai informasi saja dibawah ini saya sebutkan kapasitas baterai smartphone, usahakan kapasitas penyimpanan baterai powerbank 2-3 kalinya nilai kapasitas baterai.
Battery capacity:
  • Galaxy S3 – 2100mAh
  • Galaxy S4 – 2600mAh
  • Galaxy Note – 2500mAh
  • IPhone 5 – 1450mAh
  • iPad 4 – 10,000 mAh
Maksud saya, jangan sampai terjadi kasus seperti ini misal: baterai ponsel kapasitas 3000mAH kapasitas powerbank hanya 2200mAH (baca: ini tidak tepat). Seharusnya kapasitas baterai 1500mAH maka kapasitas power banknya 2200mA.

Sertifikasi
Kini banyak beredarnya powerbank dengan merek abal-abal atau bajakan, hal ini sangat penting perlu anda ketahui bahwa produk yang tidak sesuai standar akan cepat merusak gadget. Secara umum label produk power bank dengan kode FCC (feature class code), CE (european community), ROHS certifications (and genuine) merupakan kode-kode dengan standart keamanan tinggi.

LED Indikator
Jangan sepelekan led indikasi saat proses charging sebagai informasi jika powerbank telah beroperasi dengan benar sekaligus menunjukkan indikasi baterainya. Hal ini sangat penting sekali!

Konektor
Paket Power bank telah menyediakan beberapa jenis konektor sebagai tambahan agar cocok dengan ponsel/ gadget anda untuk charging yang original bisa anda simpan di rumah. Untuk produk produk yang bagus biasanya telah menyediak konektor set yang lengkap untuk Samsung, BlackBerry dan iPhone.

Ukuran & Berat
Kapasitas yang besar, konektor lengkap, led indikasi, harga murah, kualitas oke. Namun, bentuk dan ukurannya tidak ergonomis tentu saja ini juga jadi masalah kedepannya. Anda akan kesulitan membawanya saat bepergian. Pertimbangkan masalah berat dan bentuk ergonomis yang akan anda beli.

Saya harapkan informasi masi ini bisa menjadi acuan standar buat anda saat memilih dan membeli power bank yang bagus, berkualitas dan murah sesuai dengan kebutuhan gadget anda. Oia… sebagai tambahan artikel ini sebagai penguat agar jangan sampai 7 kesalahan saat membeli powerbank tidak terjadi

No comments

Post a Comment

Silahkan komentar yang baik ya...!