Cara Membuat Barcode dengan Cepat

Apa itu barcode? Menurut bahasanya bar adalah garis-garis tegak warna hitam, code adalah kode-kode y... thumbnail 1 summary
Apa itu barcode? Menurut bahasanya bar adalah garis-garis tegak warna hitam, code adalah kode-kode yang akan tertulis dengan bar tadi. Jadi Barcode adalah kode penulisan terdiri dari garis hitam tabal-tipis khusus bahasa yang mudah dimengerti oleh komputer dibaca oleh pembaca garis/ bar dengan sistem laser atau sinar.
box-bar-code-2012-04-13_203822
Jaman modern ini semakin banyak produk-produk yang mengaplikasikan barcode untuk kemudahan pendataan stok. Human error adalah faktor terbesar kesalahan saat proses input data dengan adanya barcode ini kesalahan-kesalahan data produk tidak lagi salah. Teknologi barcode 1 Dimensi (1D) sebutan untuk kode lebar baris yang sudah lebih dulu dikenal dan barcode 2 dimensi (2D) terdiri bentuk heksagon, garis, titik dalam bentuk garis matrix yang lebih kompleks seperti kode, tanggal, harga, dan alamat website.
Hampir semua produk yang dijual di toko grosir dan departemen store sudah menerapkan kode lebar garis ini untuk mempercepat proses traksaksi sekaligus memeriksa stok produk di gudang. Proses koreksi dan input akan lebih Cepat, Tepat, tingkat Akurasi tinggi, Terhindari dari kesalahan dan kerugian, Kinerja akan semakin lebih powerful. Silahkan lihat koleksi scanner barcode berbagai type dan merek di sini.

Berdasarkan keguanaannya barcode dikelompokkan menjadi 5 bagian:
  • Barcode non retail, yang ditujukan untuk pelabelan kode buku di perpustakaan, Kodenya Code 39
  • Barcode Farmasi, pengkodean produk-produk kesehatan dengan kode HIBC
  • Barcode penerbit, ISSN adalah contoh untuk kode barcode pada penerbit untuk buku yang telah diterbitkan
  • Barcode Gudang/ Paket, untuk barcode jasa pengiriman
  • Barcode retail, hampir semua produk yang kita konsumsi memiliki kode UPC (universal prices codes)
Setelah penjelasan di atas mungkin anda terpikir untuk bagaimana cara membuat barcode secara mudah dengan software. Berikut berbagai software untuk membuat barcode:
Aplikasi ini dirancang dengan baik sehingga Anda dapat dengan mudah membuat kualitas baik barcode dalam beberapa langkah sederhana. Anda memiliki pilihan impor untuk mengimpor barcode dan daftar judul yang tersedia dalam format TXT. Anda dapat menambahkan awalan atau akhiran ke daftar barcode Anda untuk identifikasi mudah. Aplikasi barcode memungkinkan ekspor sebagai gambar dalam format gambar yang didukung secara luas seperti JPG, BMP, PNG, GIF, TIFF, WMF, EMD, EXIF dan format ICO.
Aplikasi pembuat barcode selama saya menggunakannya sangat lengkap toolnya, sayangnya aplikasi ini tidak gratis tapi anda masih bisa mencoba untuk beberapa hari kedepannya. Bartender juga support dengan berbagai database IBM, SAP, Oracle, dan database yang lainnya. Mendesain barcode untuk label produk, ID card, database, dan yang lainnya akan semakin mudah.
Semoga artikel cara membuat barcode dengan berbagai software ini bermanfaat bagi anda yang membutuhkannya, Selain software khusu pembuat barcode di atas anda bisa mencoba membuatnya dengan CorelDraw.

2 comments

  1. mudah ya buat barcode pakai corel
    thanks infonya gan!

    ReplyDelete
  2. @masrizal a

    iya memang cepat pake corel tap g bisa dibuat custom industri

    ReplyDelete

Silahkan komentar yang baik ya...!