Tips Hemat Lampu Hemat Energi

Pemborosan energi menjadi salah satu masalah terbesar umat manusia dewasa ini. Kita dapat berperan u... thumbnail 1 summary

Pemborosan energi menjadi salah satu masalah terbesar umat manusia dewasa ini. Kita dapat berperan untuk mengurangi konsumsi energi, melalui hal-hal sederhana seperti menghemat pemakaian lampu di rumah maupun kantor. Atau anda beralih menggunakan lampu hemat energi berbahan LED sebagai lampu penerangan utama rumah atau kantor.

lampu-hemat-energi2

Apabila ruangan tidak dipakai, padamkanlah lampu. Pilihlah lampu  hemat daya yang efisien dalam mengonversi energi listrik menjadi cahaya, bukan membuangnya sebagai panas. Lampu hemat energi memberikan pencahayaan lima kali lebih terang daripada lampu pijar/ bohlam.

Pada siang hari sebaiknya lampu dimatikan. Kalau rumah kita tidak memiliki cukup banyak jendela, buka beberapa buah genting ganti dengan atau bahan fiberglass atau genting kaca. Kita juga sebaiknya mengganti beberapa bagian langit-langit rumah (tepat di bawah fiberglass yang dipasang) dengan kaca untuk masuknya cahaya matahari di siang hari.

Upayakan agar letak perabot tidak menghalangi cahaya lampu dalam ruangan. Penerangan ang berlebihan sewajaranya dikurangi. Besar daya lampu yang digunakan dengan besar ruangan serta fungsi rauangan harus disesuaikan. Ruang baca, misalnya memerlukan lampu dengan daya lebih besar dibandingkan kamar tidur.

Saat hari benar- benar telah mulai gelap, nyalakan lampu halaman/ taman. Dan bila hari sudah mulai terang kembali, segeralah matikan lampu halaman/ taman. Terapkan warna terang pada dinding rumah, supaya pencahayaan lampu lebih optimal. Ketika warna tembok sudah mulai kusam segera lakukan pengecatan, maksimal tiga tahun sekali.

Secara periodik, bersihkan bola lampu atau tabung lampu beserta refekltronya hingga bersih. Tujuannya agar tidak mengurangi intensitas cahaya yang dipancarkan. Meski telah dibersihkan untuk mngefisienakn energim gantilah lampu jika pencahayaannya mulai redup. Mengapa? Karena daya listrik untuk menyalakan lampu akan sama besarnya pada lampu baru atau lampu yang sudah mulai meredup. Alasan lainnya, membaca di tempat dengan penerangan kurang dapat menimbulkan gangguan penglihatan.

Tips sederhana tentang menggunakan lampu hemat energi semoga bermanfaat untuk anda dan segera merombak ulang tata pencahayaan ruang rumah dan kantor.

No comments

Post a Comment

Silahkan komentar yang baik ya...!