Cara Pembuatan Roket Air (Water Rocket)

Wah kedengarannya asyik sekali judul posting kali ini ya?! Disela-sela kesibukan jam kerja paling ti... thumbnail 1 summary
Wah kedengarannya asyik sekali judul posting kali ini ya?! Disela-sela kesibukan jam kerja paling tidak ada sedikit waktu bersama keluarga tercinta terutama anak-anak untuk bermain sambil belajar ilmu pengetahuan.
image
Ya, permainan Roket air
Roket air sangat tepat untuk semua kalangan sebagai sarana hiburan plus olahraga (lho ko bisa?). Jelas sebagai olahraga sebab untuk menerbangkannya perlu mempompa udara ke dalam botol serta berlarian mengambil botol yang meluncur. Asyik bukan?!

image
Apa saja bahan roket air, terdiri dari 2 bagian utama:
A. ROKET
1. Botol bekas minuman 1,5l atau 2 liter
2. Pemberat di ujung botol
3. Sirip roket dari kertas
4. Bahan bakar air (jangan air minum ya… J)
B. PELUNCUR ROKET
1. Pipa paralon kecil yang diameter totalnya sedikit lebih kecil dari mulut botol (sehingga muat jika dimasukkan ke dalam mulut roket botol, kalo gak salah sih ukurannya ¾ inch), ambil panjang pipa kira-kira 50 cm.
2. Kabel tis (kira-kira 10 buah), gunakan yang panjangnya sekitar 15 cm
3. Pipa paralon yang berukuran sedikit lebih besar dari mulut roket botol bagian luar (sekitar 1 inch) dengan panjang 10 cm, diberi tali rafia,
4. Tutup botol yang dimodifikasi, dan
5. Karet ban yang dimodifikasi (masalah modifikasi ini liat aja gambarnya biar jelas).
6. Lembaran kayu berukuran kira-kira 1 cm x 10 cm x 60 cm sebanyak 2 buah,
7. Engsel (1 buah aja),
8. Pipa paralon yang ukurannya sama dengan sistem peluncur (kira-kira ¾ inch), panjangnya 70 cm, kemudian gunakan pipa penyambung (pasangan drat dalam dan luar) agar dudukan ini bisa disambung dengan sistem peluncur, dan
9. Pentil ban bekas yang ditempatkan pada tutup botol yang dimodifikasi, (tutup botolnya sendiri disambungkan dengan pipa dudukan).
SISTEM PELUNCURAN ROKET
Setelah semua bahan inti selesai di rakit saatny merancang system model peluncuran sebenarnya ada beberapa system yang di gunakan untuk meluncurkan roket air, tetapi yang palin sering di gunakan adala model Launcher Mechanisme Clark dan Laucher Mechanism Pullwire
Perhatikan gambar ini
System Launcher Mechanisme Clark
Perhatikan gambar di atas setelah botol berisi tekanan gas, maka tali pengunci di tarik ke bawah seketika botol roket air melesat ke udara. Cara yang mudah bukan.
System Launcher Mechaisme Pullwire
Silahkan pilih system peluncuran yang paling mudah menurut anda, karena sebenarnya masih ada 7 system peluncuran roket air (bolt, bulb, clark, cork, gardena, internal, dan pullwire).
MODEL PELUNCUR ROKET
Saya yakin dengan sedikit penjelasan dan gambar di atas anda dapat membayangkan seksama dan bisa membuat roket air untuk putra dan keluarga yang anda sayangi. Untuk Instruksi lengkap cara pembuatan roket air ini silahkan anda download klik disini, semoga bermanfaat dan selamat berkarya.

Blogs Directory

2 comments

Silahkan komentar yang baik ya...!