Belajar Mengenal Elektronika Digital

Era Digital tidak bisa kita hindari hampir semua perangkat telah tertanam piranti digital yang hebat... thumbnail 1 summary
Era Digital tidak bisa kita hindari hampir semua perangkat telah tertanam piranti digital yang hebat dan canggih. Hampir semua peralatan rumah tangga, industri, perkapalan, telekomunikasi, penerbangan, antariksa, militer, otomotif, arsitektur, dan peralatan lain pasti menggunakan perangkat elektronika.
digital-logics

Komputerisasi sudah menjadi bagian terpenting yang tidak terpisahkan dalam mata rantai kehidupan manusia. Alasan simpel, sebab manusia butuh yang praktis dan cepat buktinya dengan adanya satelit komunikasi jarak jauh sekalipun dapat dilakukan hanya sekejap mata.

Masalah kecanggihan dibalik Elektronika digital sebaiknya anda perlu tahu apa sih sebenarnya digital itu. Digital menurut pemahaman saya yaitu algoritma yang terdiri 2 bagian yakni “YA” dan “TIDAK”. Kalau tidak 1 ya 0, kalau tidak 0 ya 1 begitu seterunya yang disebut dengan istilah bilangan Binner, sebab bilangan binner cuma terdiri 2 angka saja (1) dan (0).
Oke kita langsung saja tanpa panjang lebar pengertian Elektronika Digital, Mari kita belajar mengenal macam- macam gerbang pada sistem digital.

Gerbang AND
AND Gate merupakan gerbang dasar logika digital yang artinya berbarengan, bersamaan, disertakan atau juga bermakna dan. artinya setiap bilangan yang tidak serasi pasti hasil akhirnya akan berakhir dengan nilai 0, sedangkan jika kedua inputnya nilainya serasi dan sejoli pasti nilai outputnya 1.
A B Y
0 0 0
0 1 0
1 0 0
1 1 1

Gerbang NAND
NAND yang berarti NOT AND maksudnya hasil akhir dari AND pasti akan menjadi kebalikannya, misal outpunya 1 maka nilai akhirnya 0 begitu juga sebaliknya.
A B Y
0 0 1
0 1 1
1 0 1
1 1 0

Gerbang OR
OR artinya atau seperti bahasa Indonesia pada umummnya artinya bila kedua input meskit tidak serasi atau sejoli nilainya maka nilai menjadi 1 kecuali input kedua-duanya nol maka nilainya juga 0.
A B Y
0 0 0
0 1 1
1 0 1
1 1 1

Gerbang NOR
Seperti halnya NAND yang hasil akhirnya akan menjadi kebalikannya.
A B Y
0 0 1
0 1 0
1 0 0
1 1 0

Gerbang NOT
Gerbang NOT bisa diartikan dengan bukan atau tidak. Semua hasil akhir akan dibalik.
A Y
0 1
1 0
Sementara untuk pembelajaran dasar-dasar elektronika digital saya cuma sebutkan lima gerbang saja kecual gerbang XOR dan XNOR yang dibutuhkan pelajaran lebih lanjut. Saya harapkan dari belajar kelima gerbang digital di atas sebagai bekal untuk memahami logika digital.

No comments

Post a Comment

Silahkan komentar yang baik ya...!