Cara Membuat Rangkaian UPS Sederhana Sendiri

Rangkaian ini terbilang sederhana dan masuk kategori Rangkaian Mini UPS, ketimbang rangkaian UPS buatan pabrik yang komplit dan berharga mahal, tapi dilihat dari fungsi dan kerja kurang lebih sama.
ups-sederhana
Kebutuhan UPS sangat dibutuhkan untuk area sering padam PLN dan penggunaan komputer yang tinggi seperti di tempat saya tinggal. Uninterrupted power supply (UPS) beroperasi pada tegangan 12V, 9V dan 5V DC-powered instruments dengan arus sebesar 1A.

Battery akan membackup tegangan ketika listrik utama padam dan menghasilkan tegangan untuk komputer 12V, 9V dan 5V. Saat tegangan utama battery menurun hingga 10.5V rangkaian akan secara otomatis memutus beban dan proses pengisian battery dimulai hingga battery penuh dan LED1 sebagai indikator battery penuh.

Silahkan perhatikan gambar rangkaian ups sederhana di bawah inisimple-ups
Uniknya rangkaian ini pula yakni bisa berfungsi sebagai lampu emergency yang terang pada LED2 dan LED3 saat malah hari mati lampu, baca juga tips memilih lampu emergency
Input utama rangkaian UPS sederhana ini berasal dari transformer step-down 12V-AC yang kemudian disearahkan dengan diode D1, D2A, dan elco C1 untuk mereduksi tegangan ripple agar tegangan arus searah benar-benar bagus.
Charger Aki Otomatis
Cerdas Memilih dan Membeli Charger Aki/Accu Otomatis untuk Motor/Mobil agar Baterai Tidak Cepat Soak
Merakit Aili Powerbank Kosongan
Bosan dengan Powerbank dari Toko, Atau ingin punya powerbank berkapasitas Jumbo? Pakai ini saja!
Kumpulan Inverter AC 200W - 5000W
Inverter dari aki 12V ke listrik 220V sangat diperlukan di daerah pelosok dan keadaan darurat, bisa untuk motor/mobil.
Saat listrik menyala D3 akan bekerja mencharge battery, R1, Potensiometer VR1 dan transistor T1 dapat diatur untuk indikasi level tegangannya. Ketika battery telah selesai dicharger LED1 akan menyala.

Sungguh sederhana bukan cara kerja UPS sederhana ini, tapi keunggulannya tidak boleh anda remehkan. Yuk, buat UPS-nya kalau mati lampu g perlu bingung lagi, jika berkenan monggo di share ke teman anda lewat sosial media di sebelah kiri.UK6J3PJPQ3UF
Cara Membuat Rangkaian UPS Sederhana Sendiri Cara Membuat Rangkaian UPS Sederhana Sendiri Reviewed by Ihsan on October 29, 2013 Rating: 5

6 comments:

  1. Tanya, Vr1 dan Vr2 fungsinya apa?, dan bagaiamana cara membuat hambatannya pas dgn yang diperlukan?

    ReplyDelete
  2. untuk pengaturan tegangan input charger

    ReplyDelete
  3. cara pasang ke komputernya giman

    ReplyDelete
  4. sambungin ke komputernya gimana

    ReplyDelete
  5. itu cuma rangkaian regulator gan untuk ngecas batre,mestinya ada rangkaian inverternya

    ReplyDelete
  6. Rangkaian charger ini bos

    ReplyDelete

Silahkan komentar yang baik ya...!

Powered by Blogger.