8 Software Screen Recording Gratis untuk Windows

Anda ingin membuat video tutorial penggunaan software kepada kolega anda di manapun juga. Anda bisa ... thumbnail 1 summary
Anda ingin membuat video tutorial penggunaan software kepada kolega anda di manapun juga. Anda bisa gunakan software perekam itu  secara mudah dan praktis. Setelah hasil rekaman selesai anda bisa menyimpannya ke dalam kepingan DVD atau share ke media file hosting (4share, rapidshare, mediafire, youtube, dll).

Kalau mengampil potongan gambar statis (screenshots) tentu sangat mudah tanpa aplikasi-pun sudah bisa dilakukan. Untuk sesuatu yang lebih dari sekedar gambar diam , berikut adalah 8 program perekaman layar gratis yang akan membantu Anda merekam setiap tindakan yang Anda lakukan pada desktop Windows Anda .

Kebanyakan software gratis teradapat watermark yang sangat mengganggu tampilan video, tapi program-program ini sudah teruji dan layak anda pergunakan seperti halnya program screen recording profesional.


1 . Ezvid
Ezvid adalah program perekam layar yang dilengkapi dengan editor video built-in di mana Anda dapat membagi rekaman Anda dan menambahkan teks di antara dua klip , menciptakan efek slideshow . Tidak ada cara untuk mengekspor video yang direkam . Namun, Anda dapat meng-upload video ke YouTube melalui program itu sendiri .


Untuk gamer , ada pilihan untuk mengaktifkan 'mode Gaming ' yang menyimpan windowed mode permainan Anda . Program ini dilengkapi dengan beberapa klip musik. Namun, jika Anda memutuskan untuk tidak memilih musik , maka akan diganti dengan 'mesin Diam ' yang terdengar seperti sebuah kipas kecil dari komputer . Anda dapat menambahkan gambar lain dan klip video , serta menambahkan dalam suara Anda setelah Anda selesai mengedit klip Anda .

2. BlueBerry FlashBack Express Recorder
BB ( singkatan BlueBerry ) FlashBack Express Recorder memungkinkan Anda menggunakan webcam Anda untuk merekam sendiri ketika sedang merekam kegiatan yang terjadi pada desktop Anda . Setelah Anda berhenti merekam , menciptakan file FBR yang dapat diedit dengan editor video yang dikemas .


Jika Anda tidak mengaktifkan webcam Anda , Anda dapat melewatkan program video editor dan mengekspornya ke format file AVI segera. Jika tidak , Anda dapat menggunakan perangkat lunak untuk posisi dan mengubah ukuran kotak webcam Anda sebelum mengekspornya . Meskipun mengharuskan Anda untuk mendaftar ( untuk akun gratis ) setelah 30 hari pemakaian , masih menyediakan Anda dengan semua fungsinya sebelum Anda mendaftar.

3 . Screenr
Screenr adalah cara yang menarik untuk berbagi screencast ( rekaman layar Anda ) online tanpa menginstal program pada komputer Anda, memerlukan Java untuk berfungsi. Anda memilih area pada layar Anda yang Anda ingin merekam ( max : 5 menit ) . Semua rekaman disimpan ke account Anda .


Setelah merekam Anda akan diberi link yang Anda dapat berbagi . Anda juga dapat mengekspor video ke MP4 atau meng-upload di YouTube .

Screenr juga menyediakan bookmarklet sehingga Anda dapat merekam tanpa pergi ke situs web. Daftar dengan Facebook , Twitter , Google , LinkedIn , Yahoo atau account Windows Live untuk menggunakan Screenr secara gratis .

4 . Rylstim Screen Recorder
Rylstim hanya mencatat layar Anda setelah Anda menekan tombol 'Start Record' . Ini akan berguna untuk orang yang tidak ingin mengkonfigurasi apa-apa dan hanya ingin perekam dasar. Program ini tidak merekam suara dari perangkat input seperti mikrofon .


Satu-satunya pilihan yang tersedia menentukan apakah Anda ingin menampilkan klik tombol kiri atau kanan mouse Anda dalam video . Jika Anda mengaktifkan opsi klik mouse, riak merah akan muncul pada kursor Anda ketika Anda klik kiri dan riak hijau muncul untuk klik kanan . Ini efek riak klik mouse saja akan terlihat saat Anda melihat rekaman Anda .

5 . CamStudio
CamStudio dilengkapi dengan banyak pilihan untuk men-tweak catatan . Ada pilihan untuk mengaktifkan atau menonaktifkan kursor mouse Anda , merekam suara dari program atau mikrofon ( atau tidak memiliki suara sama sekali ) dan pilihan untuk mengaktifkan penjelasan layar kustom .


Anda juga dapat memilih untuk merekam suatu area tertentu pada layar Anda atau jendela program sehingga sisa desktop Anda tidak tampil di rekaman . Hal ini dapat merekam dengan kecepatan frame rate yang berbeda , misalnya 1 FPS ( frame per detik ) untuk menciptakan efek selang waktu video, atau 30 FPS untuk video yang halus .

Program alternatif lainnya

1. Webinaria
Webinaria lain adalah kemudahan  menggunakan perangkat lunak perekaman layar dengan pilihan dasar untuk kebutuhan rekaman Anda . Hal ini dapat merekam seluruh layar Anda , jendela program atau pilihan kustom . Anda dapat memilih dari 3 pilihan frame rate , 5 , 10 dan 15 FPS ( frame per detik ) .


Hasil akhir video bentuk format file AVI . Jika Anda menggunakan Google Chrome sebelum menjalankan Webinaria , Google Chrome akan terdeteksi sebagai jendela program untuk merekam .

2. DVDVideoSoft Free Screen Video Recorder
Program ini memiliki antarmuka pengguna yang sederhana dengan 9 ikon. Masing-masing ikon ini memeliki kelebihan masing-masin, Hal ini juga mengekspor video ke format file AVI . Apa yang baik tentang program ini adalah pilihan penamaan file otomatis nya .


Ini memberi Anda pilihan untuk mencantumkan tanggal dan waktu tertentu dalam nama file rekaman video Anda . Pengguna yang perlu melacak banyak rekaman layar kembali ke belakang akan menemukan file ini otomatis penamaan pilihan yang bermanfaat.

3. Krut Computer Recorder
Krut tidak memerlukan instalasi tetapi menggunakan Java untuk dijalankan . Setelah men-download , Anda akan memiliki folder di mana Anda harus menjalankan ' KRUT.jar ' file untuk memulai . Daerah penangkapan dan frame per detik perekaman dapat diatur oleh pengguna .


Ada sebuah opsi bernama 'show mouse' di mana ia menangkap daerah sekitar mouse Anda , di mana pun bergerak kursor akan terekeam. Bila menggunakan 'show mouse' fitur ini, Anda dapat mengaktifkan modus pratinjau untuk melihat daerah ditangkap saat merekam. Program ini dengan output tiga jenis file : WAV hanya memiliki audio yang direkam , sementara dari dua file MOV , seseorang tidak memiliki audio dan yang lain memiliki baik audio dan video rekaman.

No comments

Post a Comment

Silahkan komentar yang baik ya...!