Bagaimana Cara Pengujian SCR Menggunakan Multimeter

Pengujian SCR menggunakan multimeter Sebuah multimeter dapat digunakan untuk menguji SCR ( Silicon ... thumbnail 1 summary
Pengujian SCR menggunakan multimeter
Sebuah multimeter dapat digunakan untuk menguji SCR (Silicon Control Rectifier) yang cukup efektif. Prosedur pertama adalah untuk memeriksa sebuah dioda antara terminal gerbang (gate) dan katoda dari SCR. Pengetesan ini sebenarnya hampir sama yang dilakukan pada sebuah dioda silikon biasa.

Langkah 1
Sekarang pilih saklar multimeter saklar pemilih dalam posisi resistensi yang tinggi. Sambungkan kabel positif multimeter ke anoda SCR dan negatif mengarah ke katoda. Multimeter akan menunjukkan sirkuit terbuka. Sekarang balikkan koneksi tadi dan ukur menggunakan multimeter lagi akan menampilkan rangkaian terbuka.



Langkah 2
Kemudian hubungkan anoda dan terminal gerbang SCR untuk memimpin positif multimeter dan katoda untuk memimpin negatif. Multimeter akan menunjukkan resistansi rendah yang menunjukkan saklar ON SCR. Sekarang hati-hati menghapus gerbang terminal dari anoda dan lagi multimeter akan menunjukkan pembacaan resistansi rendah menunjukkan kondisi menempel. Berikut baterai multimeter memasok arus holding triac. Jika semua tes di atas positif kita dapat mengasumsikan SCR akan bekerja dengan baik.

Rangkaian sirkuit untuk pengujian SCR.

Ini adalah metode lain untuk menguji sebuah SCR. Hampir semua jenis SCR dapat diperiksa menggunakan sirkuit ini. Rangkaian ini hanya pengaturan yang sederhana untuk menunjukkan tindakan beralih dasar dari sebuah SCR. Hubungkan SCR ke sirkuit seperti ditunjukkan dalam diagram dan beralih S2 ON. Lampu tidak harus bersinar. Sekarang tekan tombol push saklar S1 ON dan Anda dapat melihat lampu bersinar menunjukkan saklar ON SCR. Lampu akan tetap ON bahkan jika menekan tombol S1 dilepaskan (menunjukkan menempel). Jika pemeriksaan di atas positif maka kita dapat menyimpulkan bahwa SCR baik-baik saja.

No comments

Post a Comment

Silahkan komentar yang baik ya...!