Bagaimana Cara Mengukur Resistansi Komponen LDR

LDR ( Light Dependent Resistor ) dapat dengan mudah diuji dengan menggunakan multimeter digital yang... thumbnail 1 summary
LDR (Light Dependent Resistor) dapat dengan mudah diuji dengan menggunakan multimeter digital yang anda miliki. Kita semua tahu bahwa perlawanan dari LDR bervariasi sesuai dengan cahaya yang jatuh di atasnya. Pada cahaya terang, LDR perlawanan akan berada di sekitar 500Ohms dan pada kegelapan resistance akan berada di sekitar 200K. Untuk diagnosa yang tepat kita perlu untuk mengukur resistansi LDR di cahaya terang dan di kegelapan.


Untuk lebih detilnya anda bisa ikuti cara yang saya jabarkan pada langakah berikut ini, sebaiknya anda persiapkan terlebih dahulu sebuah Multimeter Digital, pakai yang Analog juga bisa, dan sebuah LDR sebagai target pengujian.



Test 01
Pilih multimeter pada mode Ohm. LDR harus diposisikan pada sumber cahaya terang (cahaya siang hari sudah cukup). Hubungkan LDR mengarah ke terminal multimeter seperti yang ditunjukkan pada gambar. Sekarang multimeter akan menunjukkan pembacaan resistansi rendah sekitar 500 ohm.

Test 2
Pillihlah multimeter pada mode Ohm. LDR harus dikenakan kegelapan dengan menutupinya dengan kertas buram. Hubungkan LDR mengarah ke terminal multimeter seperti yang ditunjukkan pada gambar. Sekarang multimeter akan menunjukkan pembacaan resistensi yang tinggi sekitar 200K.

Semoga Belajar Pengukuran kali ini bermanfaat buat siapa saja yang membutuhkan, bukan berarti saya lebih pandai dari anda. Jika ada kesalahan dan saran silahkan ajukan komentar anda lewat pesan di bawah.

No comments

Post a Comment

Silahkan komentar yang baik ya...!