LED USB Terkecil, Cocok Untuk Dekorasi Komputer

Bermain dengan elektronika memang asyik sekali, hampir segala sektor teknologi pasti berbau yang nam... thumbnail 1 summary
Bermain dengan elektronika memang asyik sekali, hampir segala sektor teknologi pasti berbau yang namanya elektronika. Sekarang mau berbagi apalagi ya?!


Kali ini saya ingin berbagi artikel membuat pernak-pernik USB LED yang asyik sekali, bisa diaplikasikan semua perangkat yang mengadung unsur USB ciyee...

Oke langsung saja gambar penampakannya bisa anda lihat langsung di atas, cara membuatnya sangat sederhana sekali anda cukup sediakan peralatan yang gampang sekali di temui di rumah anda.


  • Solder listrik
  • Kertas Ampleas grid 150-200
  • 1K Resistor
  • LED Biru (boleh warna yang lain kesukaan anda)
  • PCB Kecil
  • Pisau cutter kecil


Membuatnya cukup mudah sekali solder satu kaki led (+) dengan kaki komponen resistor 1k, kemudian potong sebuah pcb yang telah disediakan pastikan ukurannya sama persis dengan ukuran sebuah flashdisk agar potongan tersebut mudah masuk ke port USB bila perlu perhalus dengan menggunakan kertas ampelas grid 150. perhatikan gambar dibawah ini.

Sebelum hasil penyambungan led dan resistor di solder ke bagian pcb seperti gambar pastikan terlebih dahulu letak kaki-kaki bagian (+) dan bagian (-) konektor USB, sebaiknya ikuti saja pesan gambar seperti di atas. Kaki resistor sebagai (-) dan kaki led satunya sebagai positif (+) teganga 5VDC pada power supply USB komputer.

Jika pekerjaan telah diteliti dengan benar dan selesai maka hasil yang akan didapatkan akan terlihat seperti gambar di bawah ini.

Aplikasi sederhana ini bisa anda pasang pada perangkat USB, bisa anda kembangkan dengan rangkaian lampu darurat, penerangan belajar, dan sebagainnya.

No comments

Post a Comment

Silahkan komentar yang baik ya...!