Agar USB Laptop/ PC Semakin Menarik dengan USB Blinky

Hai sobat Tronika semua...! Proyek elektronik saya kali ini untuk belajar bersama membuat rangkaian ... thumbnail 1 summary
Hai sobat Tronika semua...! Proyek elektronik saya kali ini untuk belajar bersama membuat rangkaian elektronika yang sederhana dan murah. Tak bosannya saya bermain dengan led sebab keunikan LED begitu banyak untuk diceritakan. Anda pernah tahu istilah flip-flop? ya, lampu yang bergantian mati-nyala secara terus menerus.


Multivibrator yang sederhana yang terbuat dari dua transistor NPN yang akan berfungsi untuk "memainkan" led secara bergantian selang 2 detik. Perubahan kecepatan led bisa anda sesuaikan pada bagian komponen kapasitor C1 dan C2 untuk nilai 1uF (led bergantian secara cepat) sedangkan untuk nilai 1000uF (Led bergantian sangat lambat sekali). Kapasitor bisa anda sesuaikan antara 1uF-1000uF agar nyalanya bisa anda  sesuaikan.


Begitu juga dengan nilai R2 dan R3 bisa anda tentukan untuk mengatur kecepatan led nilainya antara 1K hingga maksimal 47K.

Ok, lanjut saja pada persiapan bahan, komponennya sangat mudah.

  • 2 LED (merah dan biru)
  • 2 Resistor 470 ohm
  • 2 Resistor 47K ohm
  • 2 Kapasitor 22uF/ 10V
  • 2 Transistor NPN jenis TUN (Transistor Universal NPN)
  • PCB yang telah disiapkan


Sambungkan tiap-tiap komponen ke pcb yang telah disediakan. Solder dengan cara solderan dan timah yang baik agar sambungan komponen terlihat rapi dan kuat. Jika seluruh pekerjaan sesuai dengan harapan akan terlihat seperti gambar atas USB Blinky siaaaap digunakan bergandengan dengan PC/ Laptop.

download instruksi lengkap >> membuat USB blink >> klik disini

No comments

Post a Comment

Silahkan komentar yang baik ya...!