Google: Mencari dengan Lebih Cepat dan Tepat (part 2)

Melanjutkan penjelasan lengkap menggunakan kemampuan lebih mesin pencari raksasa Google untuk penca... thumbnail 1 summary

Melanjutkan penjelasan lengkap menggunakan kemampuan lebih mesin pencari raksasa Google untuk pencarian yang lebih efektif dan cepat. Mari kita simak kelanjutannya berikut ini.


Advance Search 
Gunakan menu advance search jika Anda ingin mencari sesuatu yang sifatnya sangat rinci. Pada halaman advance menu ini Anda dapat menentukan:

  • Dibagian yang paling atas adalah susunan kata yang akan dicari.mulai dari menggunakan ekspresi dan, lalu tanda petik, OR dan yang terakhir minus. 
  • Di sebelah tombol Google Search terdapat pilihan berapa hasil pencarian setiap halaman akan ditampilkan. 
  • Lalu selanjutnya adalah memilih bahsa yang digunakan. 
  • Setelah itu memilih format yang dicari. 
  • Lalumemilih tanggal update dokumen. Pada tiga bagian terakhir ini dapat dipilih lebih dari satu opsi dengan menekan tombol Crtl. 
  • Pada bagian Occurrence Anda dapat memilih dimanaletak kata Anda ingin ditemukan, pada bagian alamat web, bagaian dalam dokumen, dan seterusnya. 


Sintak
Untuk mencari sesuatu dalam Google Anda dapat menggunakan sintak. Penggunaan antara sintak yang satu dengan yang lainnya dapat digabungkan. Namun tidak semua sintak dapat digabungkan. Ada aturannya sendiri untuk menggabungkan sintak. Berikut ini adalah macam-macam sintak yang dapat Anda gunakan ketika mencari dengan Google:

  • ‘intitle:’ untuk membatasi pencari hanya pada judul/nama web saja. Contoh: intitle:”majalah pcmedia.” 
  • ‘allintitle:’ untuk membatasi pencari hanya pada judul/nama web saja dengan variasi ekspresi pencarian lebih dari satu. Contoh: allintitle:”majalah pcmedia” google. 
  • ‘inurl:’ untuk membatasi pencarian hanya pada alamat web saja. Contoh: inurl:pcmedia. 
  • ‘allinurl:’ untuk membatasi pencarian hanya pada alamat web saja dengan variasi ekspresi pencarian lebih dari satu. Contoh: allinurl:majalah pcmedia. 
  • ‘intext:’ untuk membatasi pencarian hanya pada bagian dalam dokumen saja. Contoh: intext:google. 
  • ‘allintext:’ untuk membatasi pencarian hanya pada bagian dalam dokumen saja dengan variasi ekspresi pencarian lebih dari satu. Contoh: allintext:menggunakan google. 
  • ‘site:’ untuk membatasi pencarian hanya pada salah satu domain saja. Contoh: pcmedia site:.com 
  • ‘link:’ membatasi pencarian hanya pada halaman web yang memiliki link yang dicari. Contoh: link:www. google.com. 
  • ‘cache:’ untuk mendapatkan halaman web yang telah diindex google, meskipun halaman web tersebut telah berubah. Sintak ini akan memungkinkan anda untuk mengakses cache google. Contoh: cache:”pcmedia 07-04.” 
  • ‘filetype:’ untuk membatasi tipe file yang akan dicari. Contoh: DVD filetype: PDF. 
  • ’related:’ untuk mencari data yang saling berhubungan. Contoh: DVD related:www.pcmedia.co.id. 
  • ‘phonebook:’ untuk mencari keterangan yang tersedia dalam buku telepon atau alamat. Contoh: phonebook:” fadilla mutiarawati.” 

Di atas telah disinggung bahwa antara sintak yang satu dengan yang lainnya dapat saling digabungkan. Namun satu hal yang perlu diingat bahwa ada juga sintak yang tidak dapat digabungkan, diantaranya adalah sintak yang berawalan ‘all.’ Berikut ini antara lain sintak-sintak yang dapat digabungkan: intitle: dengan site:, intitle: dengan inurl:, site: dengan filetype:, dan seterusnya.

Mencari file archive
Bagi Anda yang sering melakukan research, maka mencari berita dalam database media tertentu dapat menjadi sangat penting. Oleh sebab itu tidak ada salahnya jika Anda mengikuti tips ini. Misalnya saja Anda ingin mencari berita yang berkaitan dengan pemilu 1999 pada salah satu media online di Internet. Maka ketik saja: “Pemilu 1999” site:kompas.com. Maka Google akan memberikan hasil yang berkaitan dengan Pemilu 1999 yang ada dalam archive Kompas.com.

Mencari penjelasan tentang sesuatu
Jika Anda ingin mengetahui penjelasan atau terminologi tentang sesuatu, maka tulislah query (kata pencarian) Anda dengan lengkap. Misalnya Anda ingin mengetahui tentang apa yang dimaksud dengan XML. Jangan hanya mengetikan XML saja. Sebab jika hal ini Anda lakukan, maka hasil yang muncul akan terlalu banyak dan tidak semua isinya tentang penjelasan mengenai XML. Cobalah untuk menulis seperti ini: “What is XML?.” Maka hasil yang diperoleh akan lebih terfokus.

Mengubah opsi pencarian lewat alamat web
Pada saat Google memberikan hasil pencariannya pada layar komputer, perhatikan lamat yang tertera pada toolbar address browser Anda. Misalnya pada saat Anda mencari informasi tentang DVD Player. Pada box address akan tertera tulisan seperti berikut ini: http://www.google.com/search?hl= en&q=DVD+Player. hl adalah bahsa yang digunakan, en adalah Bahasa Inggris. Sedangkan q adalah yang dicari dan DVD+Player adalah kata petunjuknya.

Semua ini dapat Anda ganti menurut keinginan Anda tanpa harus kembali ke halaman sebelumnya. Atau tanpa membuka halaman advance. Secara standar jika Anda tidak melihat kata num itu artinya pada layar Anda ada 10 hasil pencarian. Sedangkan jika Anda tambahkan num seperti ini: http:// www.google.com/search?num=100&hl= en&q=DVD+PLayer maka akan ada 100 hasil yang akan ditampilkan. Untuk memodifikasikan alamat tersebut, terlebih dahulu Anda harus mengetahui masing-masing.

Oleh sebab itu tidak ada salahnya jika setiap Anda mencari dengan bantuan menu advance atau preference, Anda dapat menghapal satu-satu sintak yang digunakan pada alamatnya. Agar di pencarian kemudian dapat lebih mudah. Berikut ini ada beberapa daftar sintak yang dapat Anda ketahui:

Mencari gambar lewat Google
Jika ingin mencari gambar dengan google, selain Anda dapat meman- faatkan tips sebelumnya dalam menentukan kata kunci Anda juga dapat menggunakan tips berikut ini. Dalam hasil yang ditunjukan oleh Google Image, pada bagian kanan-atas hasil pencarian ada link yang bertuliskan Large, Medium dan Small.

Dengan memilih salah satunya, maka hasil pencarian akan berubah, gambargambar yang ditampilkan akan berukuran sesuai dengan ukuran yang Anda pilih di sudut kanan-atas. Semua tips ini sangat berguna untuk memberikan Anda variasi dalam mencari informasi dengan goolge. Semoga yang anda peroleh tidak hanya hasil yang keluar dengan sangat cepat, tapi juga hasil yang tepat sasaran.

Pc Media 012005

No comments

Post a Comment

Silahkan komentar yang baik ya...!