Google: Mencari dengan Lebih Cepat dan Tepat

Semua orang di dunia yang suka menjelajah internet tau bahwa Google merupakan search engine yangsan... thumbnail 1 summary

Semua orang di dunia yang suka menjelajah internet tau bahwa Google merupakan search engine yangsangat cepat. Teknologi infrastruktur yang dimilki Google mampu memberikan layanan yang luar biasa. Namun kecepatan ini tidak selalu membuahkan hasil yang tepat. Oleh sebab itu mengetahui dengan tepat bagaimana memanfaatkan Google dengan maksimal akan memberikan hasil yang lebih tepat.

Mengatur Preference 
Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengatur Preference. Jika cookies pada komputer Anda diaktifkan, maka pengaturan preference tidak perlu Anda lakukan secara berulang-ulang. Cukup satu kali saja pada saat pertama kali menggunakan search engine Google. Halaman preference sendiri dapat diakses melalui halaman www.google. com disebelah tombol search.


  • Interface Language (Bahasa antar muka) Jangan keliru membedakan bahasa antar muka dengan bahasa dalam hasil pencarian. Bahasa antar muka dalah bahasa yang digunakan dalam interaksi google dengan Anda. Sedangkan bahasa dalam hasil pencarian adalah bahasa yang digunakan oleh dokumen yang sedang Anda cari. Kedua bahasa ini tidak saling mempengaruhi. Untuk mengatur mengenai bahsa antar muka dilakukan dalam halaman preference sedangkan untuk mengatur bahasa hasil yang dicari dapat dilakukan lewat halaman preference maupun halaman Language Tools. Bahasa antar muka yang disediakan oleh goole sangat lengkap. Tidak hanya bahasa Indonesia saja yang tersedia, bahasa jawa juga ada di sini. Pilihan bahasa ini terdapat dalam bagian Language Interface. Sedangkan bahasa hasil pencarian dapat ditentukan pada bagian Search language. Ada dua pilihan yaitu menggunakan seluruh bahasa atau memilih bahasa mana saja secara satu persatu. Caranya cukup berikan saja tanda v pada setiap bahasa yang ingin dipilih. Pilihan bahsa untuk hasil pencarian yang dilakukan pada halaman preference akan menjadi standar Anda dalam pencarian-pencarian berikutnya. 
  • Search Filtering Ini adalah sistem penyaringan hasil pencarian yang akan dilakukan oleh google secara otomatis. Dengan mengaktifkan filtering ini maka hasil yang memiliki nilai seks secara eksplisit tidak akan ditampilkan. Pilihan filytering sendiri ada dua macam. Yang pertama adalah Strict Filtering yang artinya google akan menyaring semua hasil yang mengandung seks secara eksplisit baik dalam hasil text maupun gambar sedangkan pilihan yang kedua use moderate filtering, yaitu penyaringan pada gambar saja. Ada satu hal yang perlu Anda ketahui bahwa mesin yang dimiliki google bukanlah mesin yang sangat jenius sehingga pada saat Anda mengaktifkan sistem filter bisa saja Anda akan melewati informasiyang dibutuhkan, sebab belum tentu informasi yang tersaring memiliki kandungan seks. 
  • Number of Result Ada berapa hasil yang akan ditampilkan dalam setiap halaman? Hal ini dapat ditentukan dengan mengisi keterangan yang dibutuhkan pada pada bagian Number of Result. Namun perlu diingatkan bahwa standar yang dimiliki oleh google sendiri adalah 10 hasil dalam satu halaman. Semakin banyak hasil yang akan ditampilkan, waktu yang diperlukan akan lebih lama sedikit. 
  • Result Window Ini adalah opsi untuk Anda yang ingin membuka halaman setiap hasil pencarian dengan halaman tersendiri. Ini adalah opsi yang sangat baik jika ternyata hasil tersebut bukan yang dicari, maka Anda tidak perlu repotrepot balik ke halaman hasil tersebut. Cukup tutup saja halaman itu. Dan Anda juga dapat mengakses halaman pencari lebih dari satu dengan lebih cepat juga. 

Pengaturan bahasa lebih lanjut 
Pengaturan bahsa lebih lanjut dapat dilakukan pada opsi Language Tools yang ada dibawah opsi Preference. Dalam halaman Language Tools terdapat beberapa pengaturan tentang bahsa yang digunakan serta dari negara mana saja hasil pencarian tersebut. Jika ingin mencari pencarian dari Indonesia saja, maka pada box yang bertuliskan any country carilah Indonesia. Dalam Language Tools juga terdapat translator yang dapat Anda gunakan untuk men-translate-kan kata dari satu bahasa ke bahsa lain. Biasanya bahasa yang akan di-translate adalah dari bahasa Ingrris ke bahasa lain atau dari bahasa lain ke bahsa Inggris. Namun jangan terlalu mengandalkan fasilitas ini, sebab kadang kurang akurat.


Susunan hasil pencarian 
Hasil yang ditampilkan oleh google memiliki struktur yang pasti, mengerti tentang bagian-bagiannya akan memudahkan Anda dalam memastikan hasil yang dibutuhkan. Dan memudahkan Anda dalam mengakses informasi lebih jauh. Misalnya juga ingin mencari gambar yang berkaitan dengan pencarian yang dimaksud, maka pilih saja link Image yang ada di bagian atas. Sedangkan sposor yang berkaitan akan muncul disebelah kanan. Untuk lebih jelasnya perhatikan saja gambar.

Susunan Kata 
Penyusunan kata dalam mencari informasi juga sangat penting. Setiap susunan memiliki hasil yang berbeda-beda. Oleh sebab itu tidak ada salahnya dalam mencari Anda mencoba menggunakan susunan kata yang lebih beragam. Jika Anda mencari dengan menggunakan kata yang berulang, maka hasil yang akan Anda peroleh sama saja ketika kata tersebut hanya dituliskan tidak berulang. Lain halnya jika dalam penulisan menggunakan ekspresi tambahan.

Yang dimaksud dengan ekpresi tambahan adalah:

  • Spasi yang diartikan sebagai ‘dan’ oleh Google. Contoh: Jika Anda ingin mencari dokumen yang mengandung kata DVD dan Player maka Anda cukup menuliskan ‘DVD Player’. 
  • OR yang diartikan sebagai ‘atau’ oleh Google. Contoh: Jika Anda ingin mencari dokumen yang mengandung salah satu kata DVD atau CD maka tulislah ‘DVD OR CD’. 
  • Minus (-) diartikan sebagai ‘bukan’ oleh google. Contoh: Jika Anda ingin mencari kata yang mengandung kata DVD tetapi tidak terkandung kata Disc maka tulislah DVD –Disc. 
  • Jika ingin menggunakan ekspresi yang lebih kompleks lagi Anda dapat menggunakan kurung. Misalnya untuk mencari kata DVD dan CD atau DVD dan Disc, namun tidak ketiganya, maka tulislah ‘DVD (CD OR DISC)’. 
  • Satu lagi ekspresi yang perlu Anda ketahui, bahwa dalam google asterik (*) akan berarti satu kata, bukan karakter. Misalnya jika Anda menuliskan ‘dalam*’ maka google akan mengartikannya ‘dalam rumah,’ ‘dalam kantor,’ dan sebagainya. 

Jika ada pencarian terhadap satu kalimat utuh, maka gunakanlah tanda petik. Contohnya jika Anda ingin mencari dokumen yang memuat sebuah nama lengkap, maka tulislah dengan cara “Fadilla Mutiarawati.”

Perlu diperhatikan bahwa ada beberapa kata yang tidak akan dianggap oleh google dan dengan tetap meletakannya maka akan percuma saja. Kata-kata tersebut adalah kata-kata yang sangat umum diantaranya adalah the, i, you, and, a, of, dan sebagainya. Jika Anda ingin katakata tersebut tetap dihitung oleh google, maka berikan tanda + di depan kata tersebut. Contohnya : +the, +I, dan sebagainya. Perlu diingat juga bahwa penggunaan huruf besar maupun huruf kecil tidak akan ada bedanya. Ketika Anda mencari dokumen yang mengandung kata ‘PCMedia’ maka hasilnya akan sama saja jika Anda menuliskannya ‘pcmedia’. Dan satu hal lagi yang akan membatasi Anda dalam mencari adalah maksimal panjang kalimat yang dapat Anda masukan pada google tidak bisa lebih dari 10 kata, termasuk sintak-sintak tambahan.

No comments

Post a Comment

Silahkan komentar yang baik ya...!