10 Penyebab Utama Harddisk Bad Sector

Komputer atau laptop tidak akan berfungsi secara total jika harddisk bad sector yang parah tidak berfungsi normal. Operasi sistem akan gagal beroperasi, data-data penting akan hilang, otomatis semua kegiatan multimedia anda terhenti.

Sebenarnya Penyebab kerusakan kerusakan harddisk dapat dihindari jika anda tahu langkah preventif-nya. Perlu anda ketahui apa saja kerusakan tersebut:

  • Mematikan komputer tidak secara normal melalui tombol Shut down, keteledoran pengguna pemula sering mematikan komputer langsung mencabut kabel power atau tombol power on-off. Sering melakukan ini dapat menyebabkan kerusakan yang parah
  • Seringnya komputer mati tiba-tiba saat beroperasi, untuk daerah-daerah tertentu kejadian listrik padam masih sering terjadi. Jangankan luar Jawa di Jawa sendiri tepatnya di Cileungsi, Bogor seminggu bisa 5- 6 kali mati lampu. Saya sendiri sudah pernah ganti Harddisk sebabnya listrik sering padam.
  • Tidak pernah dilakukan Harddisk Partition, tumpukkan file-file lama dan baru sering tidak teratur, ibaratnya rumah semua perabotan berantakan tidak pada mestinya, begitu juga hkinerja harddisk akan menurun, proses loading berat.
  • Banyaknya virus yang menyerang, kerusakan penyebab dari virus tidak hanya merusak data saja, bila dibiarkan virus-virus tersebut dapat merusak sistem operasi akibatnya komputer sering hang dan restart
  • Fisik harddisk yang sudah tua perlu diganti, harddisk yang sudah melewati 5 tahun dengan pemakaian tinggi sudah terbilang udzur dan perlu peremajaan, Seringnya harddisk tua bermasalah pada sectornya.
  • Tegangan yang overload, Penggunaan tegangan yang normal dari power supply yang baik turut serta memperpanjang usia agar terhindar dari harddisk bad sector
  • Human error, kelalaian manusia masih sering saja terjadi.
  • Bencana alam, saat terjadi bencana alam komputer tertimpa benda keras, besar kemungkinan harddisk yang lemah akan rusak.
  • Terjatuh atau goncangan, saat anda melepas harddisk keluar dari casing CPU pastikan anda tidak menaruh dan meletakkannya secara sembarangan. Jangan sampai harddisk terjatuh atau terguncang keras.
  • Medan elektromagnetik, Hindari area bermedan magnet tinggi seperti Speaker aktif, Ponsel, Magnet , dan lain sebagainya. Induksi kuat dari magnet penyebab hilangnya data anda secara permanen.

Perhatikan sepuluh penyebab kerusakan tersebut, bisa dipastikan harddisk akan aman. Nanti akan saya sambung dengan tips lainnya. Jangan lupa share ke teman anda jika suka artikel ini atau jangan lewatkan tips berikutnya dengan berlangganan dengan subscriber email anda gratis klik disini.
10 Penyebab Utama Harddisk Bad Sector 10 Penyebab Utama Harddisk Bad Sector Reviewed by Ihsan on January 04, 2013 Rating: 5

1 comment:

  1. Terimakasih atas ulasannya. Saya jadi tahu lebih detailnya :)

    http://www.firdaus-tok.com

    ReplyDelete

Silahkan komentar yang baik ya...!

Powered by Blogger.