Yuk, Belajar Komponen Dasar Elektronika

Kali ini saya ingin berbagi ilmu tentang dunia komponen dasar elektronika . Buat anda yang sudah mah... thumbnail 1 summary
Kali ini saya ingin berbagi ilmu tentang dunia komponen dasar elektronika. Buat anda yang sudah mahir tentang dunia teknik elektronika mohon tambahannya ya..!?


Ok, lanjut saja.! Apa saja komponen dasar elektronika itu?

Sebelumnya, yang dimaksud komponen disini adalah bagian terkecil yang mendukung bekerjanya sebuah rangkaian yang terhubung dengan tegangan dan arus secara sistematis. Satu bagian komponen yang tidak terpasang atau salah tempat akan berpengaruh fatal pada sistem rangkaian yang komplek tersebut.

Komponen komponen elektronika terbagi menjadi 2 bagian, yaitu komponen aktif dan pasif:
  1. Komponen Aktif, yakni komponen elektronik yang secara aktif menerima dan mengirim impulse tegangan dan arus sesuai dengan spesifikasinya. Komponen Elektronik aktif berperan sangat penting, kompak, dan bersifat dinamis (dapat berubah-rubah nilai dan satuannya secara otomatis), sehingga komponen-komponen ini sangat dibutuhkan untuk rangkaian "cerdas" . Contoh komponen transistor (FET, MOS-FET, OptoCopler, TRIAC, DIAC), dan komponen IC (integrated circuit) atau disebut dengan CHIPS.
  2. Komponen Pasif, Komponen elektronika pasif ini bersifat statis dan telah ditetapkan ukuran dan satuannya sesuai dengan besaran tegangan dan arus yang dibutuhkan. Contoh komponen pasif resistor, diode, capasitor, lilitan, LED dan lain sebagainya.
Sementara itu dulu pengertian dan penjelasan komponen dasar elektronika nanti insya Allah akan saya bahas pada pembahasan yang lebih detail tentang dunia elektronika.

2 comments

  1. Mantab !! Makasih sob sudah berbagi ilmu ...............................



    bisnistiket.co.id

    ReplyDelete

Silahkan komentar yang baik ya...!