Pengertian Power Supply adalah?

Kata Power supply diadopsi dari bahasa Inggris yang berarti Catu daya. Setiap perangkat elektronik p... thumbnail 1 summary
Kata Power supply diadopsi dari bahasa Inggris yang berarti Catu daya. Setiap perangkat elektronik pasti membutuhkan power supply untuk menyalakan tegangan sesuai kebutuhan.


Jadi Power supply adalah peralatan elektronik yang mengambil sumber dari tegangan jala-jala listrik 220 VAC kemudian diturunkan menjadi tegangan listrik searah (DC).

Tegangan keluaran power supply tergantung rangkaian di dalamnya yang telah didesain untuk kebutuhan apa power supply digunakan. Biasanya tegangan power supply paling kecil 5 VDC (volt DC) hingga terbesar 24 Volt.

Power supply sendiri dibagi menjadi 2:
  • Power supply internal, catu daya yang dirancang secara integrasi dengan papan rangkaian induk (motherboard), seperti motherboard televisi, printer, amplifier, DVD player, dll.
  • Power supply eksternal, catu daya yang dibuat secara terpisah dan sewaktu-waktu bisa dilepas atau diganti jika rusak,seperi PC desktop, printer HP, charger HP, charger Laptop, dll.
Power supply yang bagus tidak harus mahal, anda bisa menanyakan langsung kepada penjualnya tentang keunggulannya. Atau anda bisa konsultasi di sini.

No comments

Post a Comment

Silahkan komentar yang baik ya...!