Mengapa perlu teknologi Quality of Service dalam jaringan data ?

Di dalam kondisi normal, semua jenis data di dalam jaringan akan berlomba-lomba keluar dan masuk tanpa dibeda-bedakan. Proses download Anda... thumbnail 1 summary

Di dalam kondisi normal, semua jenis data di dalam jaringan akan berlomba-lomba keluar dan masuk tanpa dibeda-bedakan. Proses download Anda dari internet, game online yang sedang dijalankan oleh adik Anda, streaming musik yang sedang didengarkan kakak Anda, dan banyak lagi aplikasi-aplikasi yang campur aduk didalamnya memiliki prioritas dan perlakuan yang sama.

Efek dari keadaan ini adalah semua jenis data yang keluar atau masuk memiliki kualitas yang hampir sama, baik dalam berjalan di jaringan data, dalam pemrosesannya di perangkat jaringan, dan banyak lagi. Karena prioritas dan kualitasnya tidak dibedakan, maka aplikasi-aplikasi penting yang kritis dan berbiaya tinggi menjadi tidak ada bedanya dengan aplikasiaplikasi lain yang tidak terlalu penting.

Misalnya Anda sedang melakukan streaming video kuliah jarak jauh, sementara adik Anda sedang bermain game online. Tentu aplikasi yang Anda jalankan lebih kritis dan penting dibandingkan dengan game online.

Namun kenyataannya perlakuan kedua aplikasi ini di dalam jaringan data adalah sama, sehingga bisa saja streaming video Anda menjadi terputus-putus dan tidak nyaman diikuti gara-gara game online. Streaming video kuliah jarak jauh Anda tadi mungkin salah satu contoh kecil yang menggambarkan pentingnya Quality of Service (QoS).

Apa jadinya jika video streaming konverensi antar kepala negara atau percakapan VOIP ribuan pengguna jasa disamakan kualitasnya dengan game online adik Anda? Tentu sangatlah tidak adil bukan! Untuk mengatasi masalah inilah fasilitas QoS di dunia komunikasi data hadir untuk melayani Anda. QoS biasanya digunakan untuk membedakan sesi-sesi komunikasi data dalam sebuah jaringan. Perbedaan ini biasanya didasari oleh kepentingan bisnis dan politik sebuah perusahaan atau pengelola jaringan.

Untuk kepentingan bisnis, para pelaku bisnis bisa menjual produk dengan label PREMIUM dengan kualitas yang sangat baik dan mengeruk keuntungan yang lebih banyak. Selain itu banyak lagi manfaat yang akan didapat dengan adanya QoS. Perlakuan servis yang berbeda bisa dibuat dengan berbagai cara, seperti misalnya memprioritaskan prosesnya terlebih dahulu, memperbesar bandwidth untuk kepentingan servis tersebut, dan banyak lagi.

No comments

Post a Comment

Silahkan komentar yang baik ya...!