Kunci Suksesnya Komunikasi Multimedia

“Telepon ke luar negeri hemat hingga 80%” , “ telepon keluar negeri sampai kuping panas biaya irit”... thumbnail 1 summary

“Telepon ke luar negeri hemat hingga 80%” , “ telepon keluar negeri sampai kuping panas biaya irit” mungkin banyak dari Anda yang pernah membaca gembar-gembor marketing seperti ini.

Memang benar kenyataannya, solusi telepon murah kini sudah bisa Anda nikmati, yaitu dengan bantuan teknologi Voice Over IP (VOIP). Walaupun jumlah penyedia jasanya tergolong masih belum begitu banyak dan hanya didominasi beberapa golongan saja, tampaknya VOIP semakin menjadi pilihan para pengguna dalam proses “penghematan”.


Suatu penghematan yang luar biasa akan terjadi jika biaya yang Anda keluarkan bisa terpangkas hingga puluhan persen ketika telepon ke luar negeri. Maka dari itu pengguna yang banyak melakukan komunikasi keluar negeri mungkin lambat laun akan beralih menggunakan produk ini sebagai media komunikasinya.


Jika sudah hemat berkali-kali lipat, bagaimana dengan kualitasnya? Apakah kualitasnya ikut dipangkas juga? Hal ini tentulah sudah di antisipasi oleh penyedia jasanya, karena kualitas percakapannya tentu tidaklah ikut dipangkas berkali-kali lipat juga. Meskipun tidak bisa sebaik sambungan langsung jarak jauh biasa, namun kualitasnya masih dapat diterima sebagai suatu solusi murah.

Pertanyaan selanjutnya adalah bagaimana VOIP bisa memotong biaya percakapan yang demikian besar sambil mempertahankan kualitas percakapannya, padahal sama-sama bisa menyambungkan percakapan Anda dengan rekan di luar negeri.

Jawaban untuk biaya iritnya adalah dengan menumpang media jaringan data yang berkapasitas besar. Mengapa dikatakan menumpang? Karena memang demikianlah kenyataannya, suara-suara percakapan Anda dibawa melalui media yang sebenarnya hanya digunakan untuk membawa data. Bagaimana dengan kualitasnya? Meskipun tidak sebaik jalur “normalnya” kebanyakan layanan VOIP masih dapat memberikan Anda percakapan yang “nyambung” dengan rekan di seberang telepon Anda.

Padahal suara Anda hanyalah menumpang jalur data yang demikian padat. Jawaban untuk masalah ini adalah dengan menerapkan teknologi Quality of Service di dalam jaringan pembawanya.

No comments

Post a Comment

Silahkan komentar yang baik ya...!