Apa yang dimaksud dengan Quality of Service ?

Secara harafiah, Quality of Service berarti tingkat kualitas dari sebuah servis yang ingin ditawarkan oleh sebuah produk atau layanan. Ma... thumbnail 1 summary


Secara harafiah, Quality of Service berarti tingkat kualitas dari sebuah servis yang ingin ditawarkan oleh sebuah produk atau layanan. Maksudnya dalam dunia jaringan data dan komputer tidaklah terlalu jauh berbeda dari arti harafiahnya, yaitu kemampuan sebuah jaringan data untuk memberikan kualitas yang baik terhadap sebuah servis yang spesifik yang dilewatkan melalui jaringan tersebut.

Kualitas sebuah servis atau layanan yang ingin dibuat lebih baik daripada servis lain, tentu bisa didapat dengan membedakan perlakuan terhadap servis-servis yang spesial tersebut. Analogi yang paling sederhana untuk menggambarkan Quality of Service pada dunia komunikasi data adalah sistem kelas dalam pesawat terbang komersial.

Jika Anda adalah penumpang kelas satu dalam sebuah pesawat terbang, tentu Anda akan diperlakukan berbeda dengan penumpang biasa. Tempat duduk yang lebih nyaman dan besar, posisi yang lebih menguntungkan, fasilitas TV pribadi pada kursi Anda, makanan yang lebih mewah dan dapat Anda tentukan sendiri menunya, masuk ke pesawat paling pertama, keluar dari pesawat juga paling pertama, dan banyak lagi fasilitas yang diberikan untuk membuat Anda senyaman mungkin.

Berbeda dengan penumpang di kelas biasa, mereka tidak akan mendapatkan perlakuan seperti halnya penumpang kelas satu, sehingga kenyamanan penerbangan mereka tentu tidaklah sama. Sebagai konsekuensinya, biaya yang dikeluarkan oleh penumpang kelas satu tentu jauh lebih besar dari para penumpang biasa. Cara inilah yang digunakan oleh penyedia jasa penerbangan untuk membedakan servis yang mereka jual dengan membedakan Quality of Service mereka.

Dalam jaringan komunikasi data, COMMUNICATION membedakan servis-servis yang lewat didalamnya tidaklah jauh berbeda baik cara kerja maupun kegunaannya. Anda juga bisa membuat perbedaan servis seperti ini dengan menggunakan teknologi

No comments

Post a Comment

Silahkan komentar yang baik ya...!