Kerusakan yang Sering Terjadi pada Monitor (bagian ke-2)

Regulator: Tegangan Tidak Stabil -            Diode putus/  Short , terkadang tanpa anda sadari sebagai teknisi akan mengalami kejengk... thumbnail 1 summary
  1. Regulator:
Tegangan Tidak Stabil
-          Diode putus/ Short, terkadang tanpa anda sadari sebagai teknisi akan mengalami kejengkelan bila tidak jeli/ teliti dengan komponen kecil ini. Dibutuhkan sedikit kesabaran untuk mecari diode yang mati.
-          Kapasitor elektrolit (elco) di regulator heater 6,3VDC, B+, vcc vertical, dll. Elco yang kering atau bocor menjadi penyebab utama tegangan tidak stabil. Seperti pengalam saya saat pertama kali menservice monitor dibuat pusing akibat elco kering. Cirri-ciri fisik yang bisa dilihat adalah coba anda ganti tabung elco yang gelembung atau penampang plastiknya mulai leleh. Kenapa bisa kering…?
-          Fly Back lemah, Fly-back bertugas mengatur frekuensi dan teganga sekaligus jantung utama untuk mengaktifkan tabung/ CRT, FBT mengeluarkan tegangan kira-kira 25.000 - 35.000 VDC. Angka yang cukup membuat anda pingsan. FBT (Fly Back Transformator) yang lemah memiliki andil untuk umur monitor.

-          Tabung tua, kenapa tabung?! Ya. Bagian defleksi yoke yang terdiri kumparan tembaga bisa jadi sedikit kebocoran.
Tegangan Tidak ada
-          Fly Back Mati/ short,  meskipun terlihat kokoh ternyata flyback bisa saja mati, kenapa karena kerja ekstra sehingga panas dan mati dalam waktu yang lumayan lama. Anda ukur dari katup anoda ke kaki pin 12 dengan menggunakan AVOmeter pada skala x 10KΩ, jika jarum bergerak maka bisa dipastikan FBT mati.
-          Defleksi Yoke, defleksi yoke kumparan pengatur gelombang elektromagnetik vertical dan horizontal, teganan bisa tidak normal jika bagian kumparan pada email kawat tembaga terbakar/ hubung singkat.
-          Transistor Horizontal OUT: ukur dan pastikan transistor horizontal bekerja normal. Jika mati/ short kaki Collector dan Groun akan tersmbung.
-          FET (Field Effect Transistor), salah satu komponen inti yang tidak boleh dilupakan untuk di cek mati/ tidaknya.

No comments

Post a Comment

Silahkan komentar yang baik ya...!