Bukti Digital, Kunci Penguak Kejahatan Cyber

Kejahatan dunia cyber sekilas memang tidak kasat mata dan sangat sulit untuk dilacak, namun pada kenyataannya sulit juga untuk menutup-tut... thumbnail 1 summary

Kejahatan dunia cyber sekilas memang tidak kasat mata dan sangat sulit untuk dilacak, namun pada kenyataannya sulit juga untuk menutup-tutupinya, bagai bangkai yang akan tercium juga baunya.
Bukti kejahatan yang dilakukan mungkin saja bisa di hilangkan dari perangkat dan jaringan data yang digunakan.

Namun jika digali lebih dalam lagi, mungkin masih tertinggal sisa-sisa kejahatan tersebut sepanjang jalan dunia maya.

Untuk itu ada baiknya jika Anda mengetahui bagaimana proses terbentuknya sebuah bukti digital, dimana saja bukti digital bisa terbentuk dan disimpan, dan banyak lagi trik-trik mengumpulkan buktibukti digital.
Meskipun hanya secara garis besar dan tidak akan membuat Anda menjadi seorang ahli forensik, namun informasi ini cukup berguna untuk referensi ketika sebuah kejahatan cyber menimpa Anda dan perangkat digital Anda.

Apa bukti digital pertama yang akan Anda temui di dalam PC ?
Untuk menggali bukti-bukti digital pada PC, mungkin ada baiknya untuk mereview sejenak bagaimana proses dan cara kerja sebuah komputer dalam melayani penggunanya.
Dan bagaimana sebuah perangkat komputer dapat membentuk bukti digital yang cukup kuat. Setiap kali sebuah komputer diaktifkan, maka sebuah proses yang disebut booting akan terjadi pertama kali.
Ada tiga tahap proses dalam proses booting, yaitu CPU reset, Power-On- Self-Test (POST), dan disk boot 

No comments

Post a Comment

Silahkan komentar yang baik ya...!