4 Cara Sederhana Mempercepat Tampilan Blog

Buat anda pengelola blog yang sangat diinginkan adalah loading blog yang cepat , tapi bagaimana pembaca bisa betah berlama-lama di blog anda... thumbnail 1 summary
Buat anda pengelola blog yang sangat diinginkan adalah loading blog yang cepat, tapi bagaimana pembaca bisa betah berlama-lama di blog anda meskipun artikelnya bagus tapi waktu tampilnya sangat lama sekali.

Sangat di sayangkan sekali, jika ini di biarkan terus menerus tanpa anda optimasi template blog anda karena lambat, bukan hanya pembaca tapi juga search engine akan males berkunjung ke blog anda. Lho, kok bisa?

Karena robot crawler menelusuri setiap link posting setiap saat, karena lambat belum tuntas menelusuri keburu kabur duluan ?

Blog anda ingin di sayang pembaca dan bot search engine, MAU? Ikuti langkah


1. Selalu up to date
Artinya setiap ada perkembangan yang terbaru harus anda ikuti, karena setiap saat developer software yang berbasis wordpress selalu membenahi kesalahan bug. Tapi perlu anda perhatikan juga apakah release terbaru cocok untuk aplikasi sekarang. Itu perlu anda perhatikan juga, meskipun terbaru terkadang ada yang tidak cocok. Istilahnya “CRASH”

2. Disable atau delete plugin tidak terpakai
Masalah ini tanpa di sadari, kerap membikin lambatnya blog kesayangan. Perhatikan plugin mana yang tidak terpakai segera disable atau di hapus saja. Gunakan saja plugins yang benar-benar penting.

3. Rapikan kode script
Ini cara lanjutan buat anda yang sudah paham bahasa pemograman, tapi g apa-apa bagi anda yang masih pemula bisa lakukan petunjuk saya di sini.


  • Bersihkan spasi kosong

Coba anda buka lembaran skrip kode web/ blog anda, benahi di bagian-bagian file penting yang sering dibuka oleh web browser semacam Mozilla, Opera, IE Chrome, Safari atau yang lainya.
Misal,
kode sebelum di benahi
.test {
font-family: Georgia, Times, serif;
font-size: 12px;
color: #000000;
}
Kode setelah di benahi
.test {font-family: Georgia, serif; font-size: 12px; color: #000000;}

  • Buat eksternal skrip

Jika terpaksa menggunakan JavaScript jangan pasang langsung skrip di halaman index tapi buatlah link yang mengarahkan ke halaman lain
Misal,

  • Gunakan Shorthand CSS

CSS (Cascading Style Sheet) sangat dikenal handal cepat, karena CSS sekarang lebih popular ketimbang bahasa HTML, saya sekarang lagi memperdalam bahasa CSS ini, HTML sekarang sudah mulai di tinggalkan untuk web aplikasi yang komplit. Tetapi HTML tetap di gunakan untuk web statis dan sederhana saja.
Misal, kode sebelum di rapikan
.test {margin-top: 7px; margin-right: 1px; margin-bottom: 5px; margin-left: 3px;}
Setelah di rapikan
.test {margin: 7px 1px 5px 3px;}
4. Minimaliskan PHP dan database queries
Ini yang paling penting. Karena skrip kode template pada umumnya kode php kemudian web browser membacanya yang akan diterjemahkan ke bahasa HTML. Ada cara untuk mempercepat lagi web browser semakin ringan kerjanya, yaitu mengganti kode PHP bisa diganti langsung kode HTML.
Misalnya, sebelum dirubah kode PHP
<?php bloginfo(’name’); ?><?php bloginfo('description'); ?>





Setelah dirubah kode HTML
WPCandy - The Best of WordPress




Sukses, semoga lebih ringan blog anda, jika ada keluhan sharing di sini ya.

No comments

Post a Comment

Silahkan komentar yang baik ya...!