Led Sebagai Penerangan Kota

Tahukah anda jika di masa depan lampu penerangan konvesional akan di gantikan dengan penerangan yang super hemat, seiring dengan slogan “Sav... thumbnail 1 summary
Tahukah anda jika di masa depan lampu penerangan konvesional akan di gantikan dengan penerangan yang super hemat, seiring dengan slogan “Save our energy” atau “GO Green”.

Apakah penerangan super hemat itu?

Mungkin bagi anda sudah ada yang menebaknya…..?! betul sekali jika anda mengatakan lampu itu adalah LED (Led Emitting Diode), bentuknya memang kecil terkesan lucu dan menarik tapi dari kesan bening itu jika di padukan akan menghasilkan cahaya yang luar biasa terang dan hemat energy.



Kenapa bisa disebut hemat?

Konsumsi tegangan yang di butuhkan sebuah LED sebesar 3.1- 3.3 Vdc dengan arus maximal 200 – 300 mA dan cahaya yang dihasilkan putih terang.

Mungkin sebuah desa kecil Torraca di Italy berpenduduk 1.200 jiwa merupakan desa pertama di dunia yang menggunakan LED sebagai lampu penerangan di jalan-jalan, rumah, kantor dan tempat umum yang lainnya.

Awal kali percobaan lampu led di taruh di sepanjang jalan London Holborn Viaduct sebanyak 700 titik tiang penerangan (masing-masing lampu 54 LED). Begitu juga Beijing's Bird's Nest Olympic Stadium dan Raleigh Convention Center's Shimmer Wall in North Carolina menggunakan LED sebagai penerangan malam hari.

LED telah menekan biaya listrik dan operasional ketahanan lampu bias 50.000 jam (pemakaian normal hingga 12 jam setiap hari). North Carolina State University meniliti Led di kemudian hari bisa menghemat energy sebesar 44% dari pemakaian normal. Pemerintah Los Angeles berencana mengganti lampu jalanan 140.000 unit dengan LED menelan biaya US$ 57juta.( sumber:www.scientificamerican.com) Woow…

Kekuatan LED 100 watt hanya mengkonsumsi sebesar 13 watt listrik. Karena itulah Pentagon melalui pihak Departemen Pertahanan telah memasang instalasi 4.200 unit lampu LED untuk mengurangi pemborosan energi (www.cree.com)

Kapan ya masyarakat kita sadar akan pentingnya HEMAT ENERGI SUMBER DAYA.? Jika masyarakat Indonesia mengetahui pentingnya Hemat energi secara lambat laun akan mengikuti negara maju untuk mengikuti langkah mengganti lampu bohlam/ neon dengan LED seperti Italia, China, Amerika.

Sudahkan anda menggunakan lampu LED di rumah?

No comments

Post a Comment

Silahkan komentar yang baik ya...!