Kenapa monitor CRT buram?

Anda yang masih menggunakan monitor CRT tentu mengalami kasus monitornya buram alias “kabur” atau tidak focus. Lain cerita jika anda menggun... thumbnail 1 summary
Anda yang masih menggunakan monitor CRT tentu mengalami kasus monitornya buram alias “kabur” atau tidak focus. Lain cerita jika anda menggunakan monitor LCD, tentunya anda tidak akan pernah ngalami LCD buram kan?

Buram di sini masih tergolong dua kemungkinan buram (tulisan tidak focus) atau buram (gambar kurang terang/ redup). Itu tergantung kerusakan masing-masing monitor.
Kerusakan itu disebabkan antara lain beberapa faktor masalah:

  • Tabung/ CRT (Catode Tube Ray) sudah using/ tua, sehingga kualitas gambar dari phosphor yang di hasilkan telah berkurang
  • Tegangan heater 6,3 volt drop, yaitu tegangan yang akan menyalakan lampu pijar di dalam CRT sehingga menghasilkan gambar dari pancaran elktron.
  • Flyback tua, bisa jadi karena “jantung” monitor sudah kendor fungsinya, tegangan yang seharusnya normal malah kurang tegangan, akibatnya jika tidak segera di tangani semakin lama teks di layar monitor tidak fokus, solusinya adalah Flyback yang sudah tua dilakukan pencangkokan (istilahnya cascade), dengan cascade ini diharapkan gambar kembali fokus.
  • Pengaturan brightness dan contras tidak berfungsi.
  • Tegangan G1 yang menghasilkan tegangan minus (-160 vdc) terlalu besar, karena jika tegangan minusnya terlalu besar maka gambar akan kurang terang.
  • Tegangan G2 turun atau bahkan mati 0 vdc, jika ini terjadi mau tidak mau harus dilakukan penggantian FBT dengan baru jika ingin monitor CRT kesayangan anda tetap nyala.

Anda punya tambahan jangan sungkan share di sini.

No comments

Post a Comment

Silahkan komentar yang baik ya...!